Workshop Racik Kopi Bersama Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Menggelar Pelatihan di 9 (nine) Red Hotel

SELAT PANJANG, (MPC) – Dalam rangka peningkatan kualitas UMKM, Disparpora kabupaten kepulauan Meranti melalui bidang Ekonomi kreatif menggelar Kegiatan Pelatihan racik kopi selama 3 hari, yang dimulai pada hari Senin, 5 Juli 2021 sapai dengan hari Rabu,7 Juli 2021, dalam kegiatan yang dikuti oleh 38 peserta dari 9 kecamatan yang ada kabupaten kepulauan Meranti, yang mengambil tempat di ball room hotel 9 (nine) red, Selatpanjang kabupaten kepulauan Meranti. Selasa,  06 Juli 2021

Disela pelaksanaan kegiatan tersebut turut hadir Bupati kepulauan Meranti H.M. ADIL, SH., M.H , kepala dinas pariwisata RIZKI HIDAYAT,S. STP, M.Si, Sekretaris Disparpora bapak Budi Hartoyo, SE.,M.Si , Kepala bidang ekonomi kreatif Disparpora bapak Mulyadi, SE.,MM , serta 3 (tiga) orang Nara sumber dari Pekanbaru kopi sibuk Desvi heriyeni, Nur Rahman hakim, Thata Sharia Dwi Ananda.

Dalam pembukaan acara Bupati Kepualauan Meranti, H.M. ADIL, SH., M.H menyampaikan : Popularitas kopi yang kian tahun kian meningkat ikut menaikkan gengsi dan popularitas para peracik kopi, yang dikenal dengan istilah barista.
Pemerintah kabupaten kepulauan Meranti sangat mendukung penyelenggaraan kegiatan-kegiatan yang meningkatkan ekonomi kreatif seperti kegiatan yang dikemas dengan nama workshop racik kopi Meranti tahun 2021, yang merupakan upaya nyata untuk membina, membangun, dan mengembangkan pengetahuan dunia barista.

“Secara pribadi saya memandang kegiatan ini sememangnya sangat layak diselenggarakan, sebab untuk menjadi seorang barista diperlukan pelatihan – pelatihan yang berkelanjutan dalam bidang meracik kopi”

“Keterampilan berbasis potensi lokal ini akan terus kita gelar, karena sudah menjadi misi kita mewujudkan SDM masyarakat Kepualauan meranti yang mampu bersaing di pasar kerja dan bahkan mampu membuka lapangan pekerjaan baru, yang sudah menjadi tekad kita untuk mencetak ribuan wira swasta baru terutama pelaku usaha kecil dan menengah berkonsep ekonomi kreatif” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten kepulauan meranti mengatakan, “saat ini kopi menjadi salah satu gaya hidup dikalangan masyarakat. Khususnya bagi kalangan millenial yang mulai menggandrungi minuman hitam yang satu ini.”

“Pelatihan workshop racik Kopi kali ini selain dengan tujuan keterampilan/skil meracik minuman kopi yang enak, juga
bertujuan untuk menjawab permasalahan Meranti tentang wirausaha muda.
sesuai dengan salah satu 7 program strategis bapak bupati utk menciptakan wirausaha wirausaha muda yang ada di kabupaten kepulauan Meranti.
Demi wujudnya Meranti maju sejahtera dan mertabat.

“Target kedepan tentunya yang kita harapkan para peserta pelatihan bisa mengembangkan usahanya lebih maju lagi,Serta membuka peluang usaha yang baru,” ungkapnya.

Sementara itu selaku Narasumber dalam kegiatan kali ini Desvi heriyeni dari kopi sibuk Pekanbaru, berharap Pelatihan seperti ini akan terus berlanjut sehingga para peserta bisa maksimal dalam menerapkan skill/ilmu yang telah disampaikan sehingga bisa di kembangkan  ditempat usahanya,” harapnya.

(Visited 23 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *