Warga Binaan Rutan Sibuhuan, Bebas Melalui Program Asimilasi

PADANG LAWAS, (MPC) – Enam warga binaan permasyarakatan (WBP) Rutan kelas II B Sibuhuan bebas melalui program Asimilasi di rumah,yang merupakan tahap pertama dalam penerapan Permenkum HAM Nomor 24 Tahun 2021.

Permenkumham Nomor 32 Tahun 2020 tentang syarat dan tata cara pemberian asimilasi, pembebasan bersyarat dan cuti menjelang bebas bagi narapidana dan anak dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid -19.

Permenkum HAM Nomor 24 Tahun 2021 merupakan perpanjangan dari Permenkum HAM sebelumnya,ini berlaku bagi narapidana yang tinggal 2/3 masa pidananya dan anak 1/2 masa pidana sampai 31 Desember 2021.

WBP yang bebas asimilasi di rumah telah memenuhi persyaratan asimilasi sesuai Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 24 Tahun 2021 dapat menjalani sisa pidananya di rumah.

Kepala Rutan Sibuhuan, Bahtiar Sitepu.SH menjelaskan bahwa hal ini merupakan upaya lanjutan dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid -19 di dalam Rutan, Senin.(12/7/2021).

Adapun ke enam nama yang bebas asimilasi Covid -19 yaitu Mhd Sarmidin, Ardi Nasution, Anju Parlindungan
Ahmad Sarwedi,Emilio Ayubi dan Wahyu Naim

Bahtiar juga menyampaikan, bahwa keenam warga binaan tersebut patut bersyukur atas program ini dengan cara tetap berada di rumah, menjalankan protokol kesehatan dan jangan sampai kembali melakukan tindak pidana.

“Manakala melanggar ketentuan ataupun mengulangi tindak pidana maka asimilasi dapat dicabut dan menjalani sepenuhnya hukuman tersisa,” tegas Bahtiar.

Ke enam WBP tersebut menyampaikan rasa terima kasih karena telah dibina, dirawat dan diberi pembekalan yang baik sehingga mereka benar- benar bisa diterima di tengah keluarga dan masyarakat.(M.lubis)

Redaksi : Feri Windria

(Visited 4 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *