Wakil Bupati Rohil H.Sulaiman Azhar SS.MH Apriasi Kinerja Satgas BNPB Rohil Atasi Karlahutla

ROKAN HILIR, (MPC) – Wakil Bupati Rokan Hilir H.Sulaiman Azhar SS.MH Mengaperiasiasi kinerja Satgas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil)yang begitu tanggap terkait kebakaran hutan dan lahan Jumat 06/08/2021.

Wabup Rokan Hilir H.Sulaiman Azhar SS.MH mengatakan, sangat mengaprisiasi kinerja Satgas BPBD Rokan Hilir yang begitu tangap dalam menangani kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di kabupaten Rokan Hilir hingga saat ini titik api bisa diminimalisir dengan baik.

Beliau menilai Satgas BPBD Rohil sangat fokus pada pencegahan Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut). Yang terjadi di wilayah kabupaten Rokan Hilir dan saat ini untuk kabupaten Rokan Hilir kebakaran Lahan Dan Hutan dapat ditangani dengan baik jelas orang nomor dua di kabupaten Rokan Hilir (Rohil) ini

Sementara itu saat dikonfirmasi kepala badan penanggulangan bencana daerah kabupaten Rokan Hilir Hari D Putra melalui kasi Distribusi dan logistik Edo Rendra mengatakan, Antisipasi yang dilakukan oleh satgas BPBD Rohil dengan fokus pada pencegahan Karlahut dengan menyediakan peralatan di setiap kecamatan maupun kepenghuluan untuk mengantisipasi dan pencegahan dilakukan dengan menyebarkan kekuatan di setiap wilayah dengan melibatkan Para Camat dan Penghulu, yang nantinya menjadi penanggung jawab sebagai pendeteksi terjadinya Karlahut.di samping itu juga BPBD Rohil juga bekerjasama dengan BMkG serta Polda Riau dengan mengunakan aplikasi Dasbort Lancang kuning .

Berlanjut Edo Rendra juga menjelaskan Dalam keadaan keterbatasan personel di BPBD sangat minim, hanya 20 personel, ditambah pegawai sebanyak 10 orang. Namun satgas BPBD dengan dibantu dari TNI – Polri serta MPA kita mampu meminilisir kebakaran lahan Dan hutan serta Jika dibandingkan dengan wilayah Rohil yang begitu luas,namun satgas BPBD dengan dibantu oleh TNI – Polri Serta MPA (Masyarakat Peduli Api )yang siap berjibaku bila terjadi karhutla.

” Kedepan kita juga akan fokus dalam pembinaan personel, pemerataan personel dan penyediaan peralatan angkut mesin,”

Saat ini setiap kecamatan di Rohil sudah memiliki posko Karlahut. Karena itu ia berharap semua unsur berkoordinasi dan bersinergi dalam pencegahan maupun penanganan Karlahut. Akhirnya..(aharis)

Redaksi : Feri Windria

(Visited 7 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *