Untuk Wilayah Luar Jawa dan Bali, Presiden RI Instruksikan Kepada Seluruh Kepala Daerah Untuk Mengurangi Mobilitas Masyarakat

DUMAI, (MPC) – Walikota Dumai dalam hal ini yang diwakili oleh Pj. Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Dumai H. Syahrinaldi Menghadiri arahan Presiden RI untuk kepala daerah melalui Video Confrence yang bertempat di Ruang VIP Gedung Sri Bunga Tanjung, Sabtu (07/08).

Rakor yang diselenggarakan melalui Video Conference ini terkait pengarahan Presiden RI kepada seluruh Kepala Daerah dan Forkopimda se-Indonesia mengenai evaluasi perkembangan dan tindak lanjut PPKM level IV di wilayah luar Jawa – Bali.

Ada 4 hal yang ditekankan Presiden kepada seluruh kepala daerah yaitu penegakan dan pembentukan Satgas Prokes 3M disetiap tempat publik, Mengurangi Mobilitas masyarakat, melakukan Tracing dan isolasi terpusat.

Dalam arahannya Presiden RI Ir. Joko Widodo menginstruksikan kepada seluruh kepala daerah untuk mempercepat vaksinasi dan mengurangi mobilitas kegiatan masyarakat khususnya di wilayah luar Jawa-Bali.

“Untuk vaksinasi segera dipercepat, lonjakan diluar pulau jawa sangat tinggi sedangkan di Jawa sendiri sudah menurun. Untuk Mobilitas kegiatan masyarakat harap diturunkan karena berpotensi terjadinya penularan. Upaya kita untuk menurunkan penularan ini dengan disiplin memakai memakai masker dimanapun berada,” jelasnya.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan bahwa Pemerintah telah mengirimkan 70 juta dosis vaksin dan untuk obat yang di produksi dalam negeri di rumah sakit telah aman.

“Vaksin ini sudah kita siapkan sebanyak 70 juta dosis dan akan di distribusikan keseluruh daerah untuk kabupaten dan kota. nantinya, vaksinasi untuk tahap ketiga jenis modena yang selanjutnya juga kita pastikan tidak terjadi kendala,”ucapnya.

Gubernur Riau H. Syamsuar juga menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Riau masih kurang dalam hal tracing dan masih sangat membutuhkan jumlah vaksin yang banyak.

“Untuk masalah obat-obatan masih kurang di Riau ini. Harapan kami di Riau ini dapat dibantu terkait vaksin, dan vaksin ini agar teratur waktu pelaksanaannya, juga vaksin ini dapat diperbanyak lagi jumlahnya karena setiap diadakan vaksinasi terjadinya kerumunan dan antusias masyarakat yang ingin vaksin ini sangat tinggi,” sebutnya.

Turut hadir dalam arahan Presiden ini yaitu, Forkopimda, Kadis Sosial, Kadis Dinkes, Kadis Perhubungan, Kaban Kesbangpol, Kepala BPBD, Perwakilan Satpol PP.

(Visited 39 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *