Suasana Tahun Baru Imlek di Klenteng Hoch Liong Kiong Di Kerakap 7

MEDIAPESISIR.COM, DUMAI – Suasana hari raya Imlek pertama 2570 di kalangan umat agama Budha yang datang ke Klenteng Hoch Liong Kiong untuk beribadah semangkin siang semangkin ramai di kelengteng Hoch liong kiong.

Warga keturunan Tionghoa yang langsung melakukan prosesi ibadah bersama keluarga, umat budha yang menyusuri setiap altar sambil menanjatkan doa dan permohonan di Tahun Baru Imlek. Suasana Klenteng Hoch Liong Kiong di Kerakap 7 dalam merayakan tahun baru imlek 2570 Selasa 05/2/2019.

” Mereka mendatangi satu per satu altar atau tempat ibadah yang ada di klenteng tersebutsambil memegang dupa, para umat berdoa bergantian di depan 15 pantung dewa, mulai di dewa utama Hian Thian Siang Tee dan 14 pantung dewa lainnya,ada juga umat yang membakar lilin miliknya dan juga membakar kertas untuk bersembayang.

Atai salah satu umat budha yang selesai bersembayang mengatakan,” Setiap perayaan malam Tahun Baru Imlek, Klenteng Hoch Liong Kiong dihadiri ribuan umat keturunan Tionghoa dari berbagai daerah, Mereka datang memang memiliki saudara atau kerabat yang berasal dari Dumai.

Lanjutnya,” Usai perayaan tahun baru imlek ini, nantinya akan ada perayaan cap go meh. Saat perayaan cap gomeh akan ada pawai budaya dengan berkeliling melewati sejumlah jalan yang ada di Dumai.”Katanya.

Atai mengungkapkan,” pada tahun Babi Tahun ini, ia berharap supaya masyarakat Dumai khususnya menjadi lebih baik mulai dari segi kesehatan, rezeki dan ekonomi.”Semoga, rezeki terus bertambah, sehat selalu dan ingat selalu jaga ketentraman dan persaudaraan,” Tutupnya.

Redaksi MEDIAPESISIR.COM

(Visited 7 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *