Sidang Paripurna DPRD Rohil Bahas Ranperda Inisiatif DPRD Rohil Tentang Hyme Dan Mars Rohil

ROKAN HILIR,(MPC) – Pembahasan tentang lagu hymne dan mars Rokan Hilir telah melalui perjalanan panjang. Demikian hal ini diungkap oleh sekdakab Rohil HM Job Kurniawan,AP,Msi kepada jurnalis seusai menghadiri paripurna penyampaian usulan ranperda inisiatif DPRD tentang hymne dan mars Rohil oleh bapemperda di ruang siding utama gedung DPRD Rohil jalan Pesisir sungai Rokan komplek perkantoran batu enam Bagansiapiapi, Selasa (12/10/2021).

“Inisiatif DPRD ini memang sudah sejak lama disampaikan yaitu sejak tahun 2014 yang punya niat untuk dijadikan perda. Kemudian ada juga kewajiban kita untuk menyanyiakan bagi kita,”tuturnya.
Kata Ia, memang ini hak inisiatif DPRD yang melalui perjalanan panjang prosesnya jika dibandingkan inisiatif pemda namun sudah dilalui melalui paripurna yang masih ada beberapa paripurna berikiutnya.

“Mudah-mudahan disetujui semuanya. Kami dari pemda ikut membahasnya agar siapa OPD yang menanggung jawabnya. Kita akan laksanakan kepada masyarakat sehingga ini menjadi semangat sehingga daerah Rohil menjadi jaya pada masa mendatang,”katanya.

Sementara itu, wakil ketua DPRD Rohil Hamzah menjelaskan bahwa ranperda tentang hymned an mars Rokan Hilir ini sudah lama dinantikan yang akhirnya sudah dimasukkan kedalam usulan DPRD untuk dijadikan perda. Dengan lahirnya ranperda sebagai perda terhadap hymne dan mars masyarakat Rohil menjadi sebuah hukum tetap terhadap masyarakat Rohil.

“Terkait apa yang selama ini dilakukan secara hukum, saya kira selagi tidak menjadi persoalan masyarakat dan daerah sehingga tidak ada menjadi masalah. Namun demikian secara juridis formal bahwa hymne dan mars ini menjadi hukum tetap maka kita diwajibkan membuat ranperda terhadap hymne dan mars ini,”katanya.
Di berhadap ranparda ini setelah di paripurnakan akan disahkan menjadi sebuah peraturan daerah (perda) sehingga hymne dan mars Rokan Hilir ini menjadi hukum tetap bagi masyarakat Rokan Hilir.

“Saran kita kedepan setelah selesai pengesahan ini kita minta kepada pemerintah agar mensosialisasikan kepada masyarakat melalui instansi maupun tingkat sekolah sehingga menjadi bagian kewajiban. Disamping itu juga dengan lomba lagu daerah sehingga menjadi tambahan lagu wajib dari daerah Rokan Hilir,”pungkasnya. (aharis)

 

Editor : Feri Windria

Bagimasyarakat yang memiliki informasi atau mengetahui kejadian/peristiwa dimanapun atau ingin berbagi foto dan video, silakan dikirim ke nomor WA : 0822-8508-9055
JANGAN LUPA : Mohon dilampirkan data pribadi

(Visited 8 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *