Seratus Peserta Ikuti SLCN, Walikota Dumai Berharap Para Nelayan Utamakan Keselamatan Saat Melaut

MEDIAPESISIR.COM, (DUMAI) – Dalam rangka meningkatkan pemahaman para nelayan terhadap informasi cuaca guna mendukung kegiatan disektor perikanan, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui Stasiun Meteorologi (Stamet) Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru menggelar Sekolah Lapangan Cuaca Nelayan (SLCN) di Kota Dumai.

Acara yang diikuti sebanyak 100 peserta ini, dihadiri oleh Wali Kota Dumai, H. Paisal, SKM, MARS, bertempat di di Balai Sri Bunga Tanjung, Kamis (1/9/2022).

Secara resmi, anggota Komisi V DPR RI, Ir. Effendi Sianipar, membuka acara yang mengusung tema, “Melalui SLCN Wujudkan Nelayan Hebat, Selamat, dan Sejahtera”.

Selain Wali Kota Dumai, kegiatan ini turut dihadiri, Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto MSi (secara virtual), Widyaiswara Utama Pusat Pendidikan dan Pelatihan BMKG Dr. R. Mulyono Rahadi Prabowo, M.Sc Unsur Forkopimda Dumai, Kepala Stamet SSK II Pekanbaru Ramlan, M.Si serta tamu undangan lainnya.

Tidak hanya membantu nelayan dalam hal informasi cuaca kemaritiman, SLCN ini juga memberikan informasi wilayah tangkapan dengan jumlah populasi ikan secara maksimal yang dikenal dengan lokasi penangkapan (fishing ground) yang akan disampaikan Kepala Dinas Perikanan Dumai, Mukhlis Suzantri, S.Hut, T.MT.

Dalam sambutannya, Wali Kota Dumai mengucapkan terima kasih kepada BMKG melalui Meteorologi SSK II Pekanbaru yang saat ini menggelar beberapa program kegiatan termasuk salah satunya Sekolah Lapang Cuaca Nelayan (SLCN).

“Ini sebagai upaya kita dalam mewujudkan program nawacita tentang kedaulatan pangan dan pengembangan ekonomi maritim dan kelautan,” ucap Wali Kota Dumai.

Kegiatan SLCN ini, menurutnya, sangat membantu nelayan dengan memberikan informasi cuaca guna menghindari krisis cuaca/iklim ekstrem untuk meningkatkan keselamatan nelayan.

Informasi cuaca yang akurat dari sumber terpercaya yang memiliki kewenangan mengeluarkan informasi, sangat berperan krusial dalam .

(Visited 7 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *