Semah Kampung di Batu Teritib dan Geniot, Walikota Dumai “Semoga Dumai Dijauhkan dari Bala dan Musibah”

DUMAI, (MPC) – Walikota Dumai, H. Paisal, SKM, MARS melakukan kunjungan dan menghadiri kegiatan Semah Kampung yang dilaksanakan di Jalan PU Lintas Dumai-Sinaboi, Kelurahan Geniot, Kecamatan Sungai Sembilan, Rabu (07/07).

Acara bersemah atau bersih-bersih adalah simbol menyucikan diri warga desa dari dosa-dosa yang diperbuat.

Prosesi-prosesi yang dilaksanakan sebagai wujud harapan dan do’a kepada Allah SWT agar masyarakat Kota Dumai terkhusus Kelurahan Batu Teritib dan Kelurahan Geniot, di jauhkan dari bala dan musibah.

Prosesi Semah Kampung ini diawali dengan Sholat Sunnah Tolak Bala yang dipimpin oleh Ujang Nahar, penyembelihan hewan kambing sebanyak 3 ekor yang dipandu oleh Kalifah Hasan Basri, dilanjutkan dengan Zikir bersama yang biasa disebut masyarakat Ratib Saman.

Mengawali sambutannya, H. Paisal, SKM, MARS menghimbau kepada masyarakat agar menerapkan protokol kesehatan dimasa pandemi ini.

“Pandemi ini merupakan musibah bagi kita semua, ditambah dengan kejadian duka beberapa waktu yang lalu. Tentunya kita berharap dengan prosesi Semah Kampung ini, warga kita selamat dalam beraktivitas serta tidak diserang oleh binatang-binatan buas bila mencari nafkah baik di darat maupun di daerah perairan,” ucapnya.

Kegiatan di tutup dengan dialog Walikota Dumai bersama masyarakat dan penyerahan bantuan secara simbolis untuk anak yatim.

Turut hadir pada kesempatan ini Assisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Dumai, Plt. Kepala Dinas Perikanan, Plt. Kepala Satpol-PP Kota Dumai, Kabag Pemerintahan, Camat Sungai Sembilan, Kapolsek Sungai Sembilan, Danramil Sungai Sembilan, Lurah Batu Teritip, Lurah Geniot, Tokoh Adat beserta Tokoh Masyarakat.

(Visited 27 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *