Rakornis TMMD-112 TA 2021, Pemerintah Kota Siap Sukseskan TMMD di Dumai

DUMAI, (MPC) – Walikota Dumai, H. Paisal, SKM, MARS menghadiri agenda Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-112 Tahun Anggaran 2021, bertempat di Ruang Rapat Wan Dahlan Ibrahim, pada hari Kamis (26/08/2021).

Tampak hadir, menyaksikan secara virtual Rakornis TMMD ke-112 yaitu Danrem 031/Wira Bima Brigjen TNI M. Syech Ismed S.E., M.Han beserta jajaran, Dandim 0320/Dumai, Letkol Inf Irdhan beserta jajaran, Wakil Ketua DPRD Kota Dumai, Mawardi, Plt. Sekretaris Daerah Kota Dumai, H. Syahrinaldi, S.Sos, M.Si, Plt. Kepala Bappeda Kota Dumai, Drs. Budhi Hasnul, M.Si, Plt. Kepala Dinas Sosial Kota Dumai, Afrilagan, SH, M.Si, serta hadirin undangan yang berkesempatan hadir.

Rakornis TMMD ke-112 yang bertemakan TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri, dilaksanakan melalui virtual yang dipimpin oleh Aster Kasad selaku Pati Bid Ren PJO TMMD, Mayjen TNI Nurcahyanto. Rapat juga diikuti oleh seluruh Kotama jajaran TNI AD, Kementerian, Lembaga Pemerintah terkait dan Pemerintah Daerah yang menjadi sasaran TMMD ke-112.

Mayjen TNI Nurcahyanto dalam kata pengantarnya mengucapkan terima kasih kepada kementerian dan lembaga serta Pemerintah Kabupaten/Kota yang telah mendukung dan mengalokasikan anggaran untuk kesuksesan pelaksanaan TMMD ke-112.

“TMMD merupakan program dari komando atas yang dilaksanakan tiga kali dalam setahun, yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di daerah terpencil, kumuh dan daerah tertinggal,” jelasnya.

Beliau mengatakan bahwa kegiatan TMMD ini akan dilaksanakan secara serentak di 50 Kabupaten dan Kota (55 Kec, 73 Desa) oleh Satgas TMMD bekerja sama dengan Kementerian, Pemda dan Masyarakat.

“Selain pembangunan fisik yang menjadi sasaran utama dari bentuk kemanunggalan TNI kepada rakyat, TMMD ke-112 ini juga dilaksanakan kegiatan non fisik, berupa penyuluhan-penyuluhan dari instansi terkait,” katanya.

Pelaksanaan TMMD ke-112 TA 2021 dimulai pada Tanggal 15 September 2021, dengan Penandatanganan & penyerahan Naskah Serah Terima dari Kepala Daerah kepada Dansatgas.

Untuk penutupan akan dilaksanakan pada Tanggal 14 Oktober 2021, dengan agenda Penandatanganan & penyerahan Naskah Serah Terima dari Dansatgas kepada Kepala Daerah.

Acara dilanjutkan dengan paparan materi oleh Dirjen Kesmas Kementerian Kesehatan RI dengan tema Intervensi Kesehatan Lingkungan Tahun 2021 dalam kegiatan TMMD yang disampaikan oleh Plt. Dirjen Kesehatan Masyarakat drg. Kartini Rustand, paparan materi Rencana Pelaksanaan TMMD ke-112 oleh Ses PJO TMMD, dan paparan rencana Lomba Karya Jurnalistik TMMD ke-112 TA 2021.

Selain itu juga terjadi diskusi dan tanya jawab antara Aster Kasad dan pimpinan daerah terkait TMMD. Agenda ditutup dengan penyerahan Hadiah Lomba Karya Jurnalistik TMMD ke-111 TA 2021.

Pada kesempatan wawancara, Danrem 031/Wira Bima Brigjen TNI M. Syech Ismed S.E., M.Han menyampaikan bahwa melalui kegiatan TMMD, diharapkan dapat mempererat kerukunan masyarakat juga berdampak secara nyata dalam pengembangan kawasan pedesaan di wilayah teritorial Kodim 0320/Dumai dengan mengoptimalkan potensi sumber daya lokal.

“Untuk Kota Dumai sendiri, ada 4 sasaran pembangunan fisik. Salah satunya yaitu pembangunan jalan. Semoga program TMMD ke-112 dapat berjalan maksimal dan bisa bermanfaat untuk masyarakat,” pungkasnya.

(Visited 10 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *