PT KPI RU Dumai Gelar Sholat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Kurban untuk Warga

MEDIAPESISIR.COM, (DUMAI) – Sebagai wujud syukur atas kehandalan dan kinerja kilang serta semangat berbagi kebahagiaan dengan sesama, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit (RU) Dumai gelar sholat Idul Adha bersama dilanjutkan penyembelihan hewan kurban di Masjid Al-Muhajirin Komplek Perumahan Pertamina Bukit Datuk, Minggu (10/07).

Jumlah hewan kurban yang terkumpul pada tahun ini sebanyak 55 hewan kurban yang terdiri dari 48 ekor sapi dan 7 ekor kambing yang berasal dari 330 orang pekurban. Penyembelihan hewan kurban dilaksanakan di 3 tempat yaitu di Masjid Al-Muhajirin untuk 42 ekor sapi dan 7 ekor kambing, di WTP Sei Rokan untuk 3 ekor sapi, serta di Fire Camp untuk 3 sapi lainnya.

Selanjutnya hewan kurban akan dibagikan ke shohibul kurban serta 24 masjid dan musholla yang ada di Kota Dumai. Penyembelihan hewan kurban tersebut tetap dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan.

General Manager RU II, Permono Avianto, dalam sambutannya menyampaikan bahwa gelaran Sholat Idul Adha serta penyembelihan hewan kurban ini merupakan wujud syukur PT KPI RU Dumai yang selama ini senantiasa diberikan keamanan dalam kegiatan operasionalnya. “Sebagai insan pekerja Pertamina yang telah diberikan Allah nikmat yang banyak, maka sudah sepatutnyalah kita mensyukurinya dengan melaksanakan ibadah kurban tersebut,” ujarnya.

Selain itu, ibadah kurban tersebut juga sebagai wujud implementasi ketakwaan dan keimanan seorang hamba kepada Allah SWT, sebagaimana yang dicontohkan oleh Nabi Ibrahim AS yang dengan rela dan ikhlas mengorbankan anak yang dicintainya, Nabi Ismail AS, karena perintah Tuhannya yang lebih dicintai melebihi apapun. Peristiwa tersebut menjadi ibadah rutin yang dilaksanakan umat Islam sebagai ibadah kurban untuk meningkatkan kepedulian sosial kita sebagai muslim kepada sesama.

“Sembelihan hewan kurban ini juga nantinya akan kita bagikan kepada mereka yang berhak melalui masjid dan mushola yang ada di Kota Dumai. Hal ini melambangkan persatuan, kesatuan dan keikhlasan serta sarana peningkatan kepedulian sosial kita sebagai muslim,” lanjut Permono.

“Terima kasih saya ucapkan kepada PT KPI RU Dumai yang telah memberikan daging kurban kepada kami. Semoga dengan kebaikan yang telah diberikan ini dapat meningkatkan kinerja perusahaan, diberikan kesehatan dan keselamatan baik operasional perusahaan maupun para pekerjanya, serta menghasilkan keuntungan,” ucap rohyati salah satu penerima hewan kurban.

“Akhir kata, ijinkan saya mewakili perusahaan PT KPI RU Dumai mengucapkan selamat Idul Adha 1443 H. Mohon maaf lahir dan batin. Semoga Allah mengampuni dosa-dosa kita dan memasukkan kita ke dalam golongan orang-orang yang beruntung,” tutup Permono.

 

Redaksi : Feri Windria

(Visited 19 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *