Promosi Dan Diseminasi Kekayaan Intelektual, Sekda Berharap Budaya Kota Dumai Dapat Menjadi Daya Tarik Wisata

MEDIAPESISIR.COM, (DUMAI) – Walikota Dumai dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Dumai, H. Indra Gunawan, S.IP, M.Si menghadiri kegiatan Promosi dan Diseminasi Kekayaan Intelektual Komunal yang bertempat Hotel Sonaview, Rabu (23/08).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan Ham Provinsi Riau tersebut mengangkat tema “Kekayaan Intelektual Komunal Merupakan Aset dan Identitas Daerah Yang Perlu Dilindungi” yang dimana pesertanya terdiri puluhan orang dari unit layanan sentra Kekayaan Intelektual dari seluruh kabupaten/kota yang ada di Provinsi Riau.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan layanan masyarakat dalam pencatatan kekayaan intelektual guna melestarikan tradisi, budaya, dan adat istiadat untuk memajukan kebudayaan nasional di tengah dinamika perkembangan dunia.

Staff Khusus Bidang Transformasi Digital Kemenkumham Republik Indonesia Fajar Lase menjelaskan bahwa pihaknya akan membantu dan menjelaskan mengenai hak paten dan hak cipta serta segala hal tentang Kekayaan Intelektual Komunal.

“Secara umum kita pahami adanya Hak Kekayaan Intelektual Personal dan Komunal tentunya Pemerintah Daerah berperan aktif untuk ikut mendukungnya, hari ini kita akan masuk mengenai materi Kekayaan Intelektual Komunail, Dirjen Kekayaan intelektual (DJKI) merupakan salah satu yang berfungsi untuk mempatenkan dan mengenal dari suatu Kekayaan Intelektual dari Kemenkumham, kita nanti akan hadir khusus di Kota Dumai untuk mempromosikan semua usaha mikro kecil dan menegah yang ada, banyak kekayaan intelektual kita yang diklaim oleh negara lain kalau kita tidak mendaftarkannya seperti suatu kasus di malaysia tentang kekayaan intelektual kita seperti rendang dan tanjak dan mereka bisa saja mendapatkannya nilai ekonominya,” jelasnya.

(Visited 11 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *