Pimpin Apel di Mapolres Inhu, Kapolda Riau Irjen Iqbal : Polisi Adalah Pelindung, Pelayan dan Pengayom Masyarakat

MEDIAPESISIR.COM, (RENGAT) – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Kamis (1/9/2022). Dengan didampingi Ketua Bhayangkari Daerah Riau Nindya Iqbal, Kapolda turut serta membawa sejumlah Pejabat Utama (PJU). Diantaranya Irwasda Polda Riau Kombes Pol Hermansyah, Dir Binmas Kombes Pol Wendry Purbiyanto serta Dansat Brimobda Kombes Pol Ronny Lumban Gaol.

Mantan Kadiv Humas Mabes Polri ini disambut Kapolres Inhu AKBP Bachtiar Alponso, Wakil Bupati Junaidi Rachmat, Ketua Pengadilan Negeri Rengat, Chandra Gautama SH MH, Dandim 0302/Inhu Letkol Kav Dani Prastiyo Wibowo. Selain itu juga terlihat Ketua Bhayangkari Cabang Inhu Wardina Mumtazah Alponso, Kajari Inhu yang diwakili oleh Jaksa Fungsional Dolly Arman Hutapea serta Ketua LAMR Kabupaten Inhu Datuk Seri Marwan MR.

Tiba di Inhu, dilakukan pemasangan Tanjak Melayu kepada Kapolda Riau oleh Ketua LAMR Inhu Datuk Marwan MR. Kemudian rombongan Kapolda berangkat menuju Mapolres yang terletak di daerah Rengat. Disana Irjen Iqbal sempat bersilaturahmi dengan jajaran Forkompinda. Kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan pelaksanaan vaksinasi hingga pemberian Bansos dan kursi roda untuk masyarakat yang membutuhkan. Dalam sambutannya kepada Forkompinda setempat, Irjen Iqbal menyampaikan apresiasi terhadap sinergisitas yang terjalin antar para pemangku kebijakan.

“Bapak wakil bupati tadi sudah sampaikan bahwa terjalin sinergisitas, kolaborasi dengan semua stakeholder, para elemen masyarakat. Kita ingat pada pembabakan sejarah di negeri tercinta ini. Babak 1 sampai babak demokrasi, sampai hari ini NKRI selalu bergandengan tangan. Selalu kolaborasi dan sinergi tanpa memandang golongan, kelompok, adat, suku bahkan agama. Semua bersatu padu melawan penjajah musuh bersama,” tutur Iqbal.

Menurut dia, pembabakan sejarah dapat menjadi guru terbaik bagi seluruh masyarakat. Terlebih kepada para pemangku kebijakan yang menentukan arah pembangunan bangsa Indonesia kedepan. Maka dari itu, menurut dia, sejarah yang pernah terjadi di beberbagai belahan Nusantara dapat menjadi pemersatu untuk melalui dinamika yang ada dalam bingkai persatuan.

Usai bersilaturahmi dengan Forkompinda, Irjen Iqbal kemudian berkesempatan menyapa seluruh personel Polres Inhu. Dia bahkan turut memberikan arahan kepada seluruh Personel Porles Inhu. Setidaknya ada 3 poin penting yang disampaikan Irjen Iqbal pagi kemaren. Kepada personel, Mantan Kapolda NTB ini mengibaratkan dirinya adalah seorang ayah. Dan seluruh personel Polda Riau jajaran adalah anak.

“Yang pertama bagaimana tentang makna menjadi seorang polisi. Sederhana, polisi itu adalah pelayan, pelindung dan pengayom masyarakat. Anda bukan penguasa, bukan penyiksa, tetapi sebaliknya. Berikan yang terbaik kepada masyarakat, tulus dan ikhlas. Berikan segenap kemampuan agar institusi Polri semakin dipercaya oleh masyarakat,” tuturnya.

Kedua, Irjen Iqbal meminta agar seluruh personel untuk tidak lupa berdoa dan mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa (YME). Agar selama menjalani tugas, dapat dimudahkan langkah, dan menghadapi dinamika penugasan. Terakhir Iqbal ingin seluruh anggotanya agar dapat menjaga kesehatan. Baik kesehatan diri, kesehatan keluarga. Termasuk juga meningkatkan keimanan agar tidak mudah disogok oleh oknum-oknum tertentu.m

“Yang terakhir jaga iman, kalau iman kita kuat disogok berapapun iman kita akan menolak. Kalau rekan-rekan sayang pada diri rekan-rekan dan institusi, jalankan 3 arahan saya ini,” pesannya.

Disamping kunjungannya ke Mapolres Inhu, Kapolda beserta rombongan juga berkeaempatan berkunjung ke Kodim 0302/Inhu, kemudian melakukan peletakan baru pertama pembangunan rumah dari Program Bedah Rumah Presisi Indragiri Hulu (BERSIH) serta meresmikan pemakaian gedung Mapolsek Pasir Penyu di daerah Air Molek.

(Visited 9 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *