Peringati Tahun Baru Islam Pemkab Palas Gelar Doa dan Zikir Bersama

PADANG LAWAS, (MPC) – Pemerintah kabupaten (Pemkab) Padang Lawas (Palas) gelar zikir dan doa bersama dalam peringatan Tahun Baru Islam 1443 H/2021 M, bertempat di Masjid Agung Al-Munawwaroh Sibuhuan, Kecamatan. Barumun, Selasa (10/08/2021).

Peringatan Tahun Baru Islam di hadiri wakil Bupati Padang Lawas H.Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt, MM, MSi. didampingi Sekda Arpan Nasution, SSos, Kabag Ops. Polres Palas Kompol. Aswin Noor Nasution, unsur Forkopimda, pimpinan OPD, Para Camat, sejumlah santri dan pimpinan pondok pesantren serta masyarakat.

“Dalam sambutannya wabup Palas menuturkan, Mari kita memaknai hijrah sebagai teladan bagi kita dalam membangun kehidupan berbangsa untuk menuju masa depan yang lebih baik.

“Pergantian tahun baru hijriah merupakan momentum kita bersama untuk mengintropeksi diri dan melakukan transformasi kearah yang lebih baik,” ujarnya.

Terdapat tiga makna penting yang diambil dari Tahun Baru Islam, pertama, mengingatkan umat pada sikap istiqomah atau teguh pendirian nabi Muhammad SAW yang tetap berjuang menyebarkan Islam, meski menghadapi berbagai rintangan, hambatan dan ancaman.

“Kedua, hijrah cermin kecerdasan pemikiran nabi dalam perjuangan dakwahnya dalam menyebarkan agama Islam, dan ketiga, hijrah bermakna berpindah dari keadaan yang tidak atau yang kurang baik, ke keadaan yang lebih baik,” terangnya.

Sekalipun dalam penyambutan Tahun Baru Islam tahun ini dilakukan dengan sederhana, diharap tidak mengurangi makna dan nilainya.

Apalagi masih dalam suasana wabah Covid-19, di mana kita semua dituntut agar tetap menerapkan protokol kesehatan untuk memutus rantai penyebaran wabah Covid-19.

“Melalui lantunan zikir dan doa yang kita lakukan bersama anak-anak santri dari berbagai pondok pesantren Insyaallah diperkenankan dan dikabulkan, wabah Covid-19 segera berlalu,” imbuh Wakil Bupati.

Sementara Al Ustaj H. Ansor Harahap dalam tausiahnya menyebutkan, di Tahun Baru Islam 1443 H ini mari tingkatkan iman dan taqwa serta perbanyak bersedekah membantu meringankan beban kaum duafa dan anak yatim.

“Mari kita meningkatkan rasa kepedulian sosial terhadap sesama, terus berusaha hijrah menjadi umat yang lebih baik,” pesannya.(M.lubis)

 

Redaksi : Feri Windria

(Visited 7 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *