Penghuni Lapas Kuansing Riau Terpadat Kedua di Indonesia, Napi Tidur Bergelantungan Pakai Sarung

MEDIAPESISIR.COM, (PEKANBARU) – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Teluk Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau tercatat sebagai penjara dengan penghuni terpadat kedua di Indonesia.

Kepala Kanwil Kemenkumham Riau Muhammad Jahari Sitepu mengatakan, Lapas Teluk Kuantan saat ini dihuni 343 orang narapidana.

“Kapasitas normal Lapas Teluk Kuantan ini hanya 53 Orang. Tapi, saat ini dihuni sebanyak 343 Orang. Artinya, terjadi over-kapasitas hunian sebanyak 650 persen,” sebut Jahari dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (29/11/2022).

Jahari melakukan inspeksi mendadak (Sidak) pada Senin (28/11/2022) malam.

Saat itu, ia menemukan jumlah petugas keamanan yang menjaga warga binaan hanya lima orang.

Namun, Jahari menegaskan, keterbatasan jumlah petugas ini tidak lantas menyurutkan semangat dalam melaksanakan fungsi pengamanan.

“Pastikan tidak ada seorang warga binaan pun berada di luar kamarnya saat malam hari. Cek gembok kamar masing-masing, pastikan sudah terkunci dengan baik. Petugas jaga harus rutin kontrol keliling. Siaga dan waspada, jangan lengah sedikitpun,” kata Jahari.

Jahari sempat melihat para narapidana di dalam penjara. Kondisi ruangan sudah sangat sempit karena banyaknya penghuninya. Bahkan, sebagian narapidana terpaksa tidur bergelantungan dengan menggunakan kain sarung.

Kendati demikian, Jahari meminta warga binaan ikut serta menjaga dan memelihara kondusifitas Lapas.

“Anggap saja ini rumah kita sendiri. Kita rawat, kita jaga, dan kita lindungi bersama. Walau hidup bersempit- sempitan, saya harap semua bersabar. Harus saling hormat-menghormati dan menghargai. Kita semua keluarga,” ucap Jahari kepada warga binaan.

Di samping itu, dia juga berpesan agar para petugas bisa mengayomi para warga binaan.

“Layani warga binaan dengan humanis.

Penuhi seluruh hak-haknya. Kemudian, jangan sekali-kali kalian pungli, menyelundupkan handphone atau narkoba. Kalau ketahuan saya sikat, saya pecat,” tegas Jahari.

sumber : kompas.com

Editor ; Feri Windria

(Visited 7 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *