Pangdam 1 Bukit Barisan Mayjend TNI HASANUDIN SIP.MM KUNKER Ke Kabupaten Rohil Disambut Tepung Tawar

ROKAN HILIR, (MPC) – Pemkab Rohil telah menganggarkan pembangunan kantor Koramil di kecamatan Tg Medan yang sudah siap pembangunannya. Tahun ini dianggarkan juga pembangunan asramanya. Kedepan pemkab memberikan hibah tanah untuk membangun persiapan kantor koramil di Panipahan. Demikian hal ini diutarakan bupati Rokan Hilir (Rohil) H.Suyatno ketika menyambut kedatangan pangdam I Bukit Barisan Mayjend TNI Hasanudin,S.I.P,MM ketika berkunjung ke Bagansiapiapi Kabupaten Rokan Hilir, Kamis (03/06/2021).

Kedatangan panglima komando daerah militer (Pangdam) I Bukit Barisan Mayjen TNI Hassanudin, S.I.P, M.M di mess Pemda Datuk Batu Hampar Jalan Perwita Bagansiapiapi disambut acara adat Melayu Riau- Rohil diantaranya menyematkan tanjak, selempang dan kain songket, atraksi silat serta acara adat “upah upah” tepung tawar.

Tampak hadir Danrem 031/wirabima Brigadir Jenderal TNI M. Syech Ismed, Wabup Drs H.Jamiludin, Forkopimda (Kajari, kapolres, dandim 0321/Rohil, ketua pengadilan negeri Rohil), Wakil ketua DPRD Nasirun Nur Efendi, sekda Rohil HM Job Kurniawan,S.AP, LAM Riau-Rohil, Para Asisten dan para pejabat pimpinan Pratama serta tokoh masyarakat.

Dalam kesempatan ini Bupati Rohil H Suyatno memaparkan secara singkat profil wilayah kabupaten Rohil yang telah berpisah dari kabupaten Bengkalis berdasarkan UU nomor 53 tahun 1999.

“Kabupaten Bengkalis telah melahirkan empat anak yakni pertama kota Dumai, kedua kabupaten Rokan Hilir, ketiga kabupaten Siak dan Kabupaten kepulauan Meranti,”tuturnya.

Dijelaskan sebelumnya wilayah kabupaten Bengkalis begitu luas kemudian dimekarkan menjadi sejumlah kabupaten kota.

“Alhamdulillah saat ini bisa Mandiri,”ujarnya.

Dijelaskannya kabupaten Rokan Hilir awalnya masih lima kecamatan yang sekarang sudah 18 kecamatan. Kemudian dahulunya penduduknya 62 ribu sekarang sudah mencapai 174 ribu. Dahulunya wilayah desa hanya 62 sekarang sudah 182 desa.

“Alhamdulillah dengan kunker pangdam I Bukit Barisan Mayjen Hasanudin merupakan untuk yang kesekian kalinya pangdam ke Rohil. Dimana sebelumnya pangdam Mayjen Pusung juga pernah kemari,”jelasnya.

Dalam kesempatan ini Bupati memaparkan pemerintah daerah telah membangun sarana maupun prasarana untuk kantor kodim 0321/Rohil.

“Tahun ini kita juga membangun kantor koramil di kecamatan Tg Medan yang sudah siap pembangunannya. Tahun ini kita tambah lagi asramanya. Insya Allah kedepan kita memberikan hibah tanah untuk membangun persiapan kantor koramil di Panipahan. Karena Panipahan ini merupakan wilayah pulau terluar yang berbatasan langsung dengan selat Malaka. Jadi Sangat penting kehadiran Koramil di daerah tersebut. Tanahnya sudah kita siapkan seluas 1 hektar. Letaknya sangat strategis”paparnya bupati Rohil ini.

Dikatakannya, bahwa setelah berdirinya kabupaten dan masa pembangunan di kabupaten Rokan Hilir pemerintah daerah tidak hanya membangun sarana dan prasarana untuk TNI. Namun juga membangun untuk kepolisian, kejaksaan, pengadilan negri, pengadilan agama dan lainnya.

“Kita sudah berdayakan untuk sarana dan prasarana, artinya koordinasi sangat penting sekali. Tidak mungkin Bupati bekerja sendiri tanpa dibantu oleh teman teman forkopimda,”ujarnya.

Bupati Rohil pada kesempatan ini menegaskan atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Rohil mengucapkan selamat datang kepada pangdam I Bukit Barisan beserta rombongan dan danrem 031 wirabima beserta rombongan di bumi negeri seribu kubah, kabupaten Rokan Hilir.

“Mudah-mudahan selama berada di Rohil sehat wal Afiat dan kegiatan kunker ke Rohil berjalan sesuai rencana,”pungkas bupati Rohil mengakhirinya.(aharis)

(Visited 48 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *