Menggali Potensi Aren di Tanah Gambut

MEDIAPESISIR.COM, BENGKALIS – Seminar Nasional potensi dan peluang budidaya pohon aren di tanah gambut dilaksanakan Sabtu tanggal 26/01/2019 Bertempat di Gedung LAMR Kabupaten Bengkalis, Jalan Pramuka, Desa Air Putih, Kecamatan Bengkalis, Asosiasi Aren Indonesia Kabupaten Bengkalis.

Seminar dihadiri Gubernur Riau Terpilih H. Syamsuar, M.Si selaku Keynote Speaker, H Syofyan Said Pengurus LAMR. Sedangkan pemateri Muhammad Isnaini yang akrab disapa Bang Pilot dari Dewan Pakar DPP AAI, DR. Haris dari Deputi Badan Restorasi Gambut, H.Jon Erizal, SE, MM dari Komisi XI DPR RI, H.M. Rizal Akbar Ketua Yayasan Institut Agama Islam Tafakuhfiddin Dumai, serta dari DPW AAI Riau dan para undangan dari Pekanbaru, Dumai, Rohul, Keulauan Meranti, Siak dan Bengkalis.

Aren atau Enau (Arega Pinmata) adalah golongan Palma terpenting setelah kelapa. Karena merupakan tanaman serba guna (multi propose tress).

Tumbuhan ini diketahui dapat berperan sebagai pohon penghasil pangan yang dihasilkannya berupa nira, gula aren (bongkahan dan gula semut), serta kolang kaling dan sagu.

Demikian dijelaskan Ketua Asosiasi Aren Kabupaten Bengkalis, DR.Eng.Mohamad Syahminan,ST.MT. Menurutnya, sari nira aren dapat diproduksi biotanol (bahan bakar alternative pengganti premium dan pertamax).

Selain itu, pohon aren juga merupakan pohon konservasi. Pelepah dan akar pohon aren dapat menahan dan menyimpan air hujan dalam jumlah banyak.

“Akar serabutnya yang padat dan kuat dapat merekat kuat bahan tanah. Sehingga terjaga dari erosi dan longsor. Kemampuannya dalam menyerap CO2 dalam jumlah banyak, mendukung mitigasi gas rumah kaca dan dapat menekan pemanasan global,” kata Minan, sapaan akrabnya.

Peserta yang diharapakan berpartisipasi dalam kegiatan ini, adalah Komunitas Aren Indonesia (Petani, Pengusaha dan Pengelola Lingkungan berbasis Aren), akademisi, peneliti, mahasiswa, masyarakat dan pemerintah dalam bidang pengembangan aren dari seluruh Indonesia.

“Tujuan diselenggarakannya seminar nasional ini adalah antara lain untuk mensosialisasikan dan saling tukar informasi tentang perkembangan penelitian, pengetahuan dan teknologi tepat guna terkait dengan multi fungsi pohon aren (enau) dari berbagai penjuru nusantara. Serta menumbuhkan kesadaran dan kecintaan para pihak, terutama kalangan generasi muda, dalam penyelamatan lingkungan sekaligus peningkatan kesejahteraan ekonomi berbasis pembudidayaan dan pemeliharaan pohon aren.

Minan yang akrab di sapa ini adalah ketua DPD AAI Kabupaten Bengkalis berharap, kegiatan yang diadakan ini dapat menjadi sarana temu nasional komunitas pencinta aren dari berbagai kalangan, baik petani/pelaku usaha budidaya aren, pengusaha berbahan baku produk aren.

“Semoga kedepannya Pemkab Bengkalis mendukung dan mensuport kegiatan ini dengan akademisi dan peneliti,” tutupnya.

Penulis : Eris

(Visited 4 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *