Mengantisipasi Menghadapi Cuaca Buruk, Kabut Serta Asap, KSOP Mengeluarkan Surat Edaran

MEDIAPESISIR.COM, DUMAI- Sehungan dengan keadaan cuaca yang kurang Baik, dan keadaan kabut dan asap pada belakangan ini yang terjadi di perairan dumai dan sekitarnya, perusahaan pelayaran/operator kapal dan keagenana kapal, dalam pengoperasikan kapal untuk lebih menekankan dan mengutamakan unsur keselamatan pelayaran dan senantiasa memantau terhadap perubahan cuaca dan memantau serta memonitor berita cuaca dari BMKG.

Menghadapi kabut asap dan cuaca yang kurang bagus yang mulai muncul akhir-akhir ini membuat risiko terjadinya kecelakaan pelayaran di laut semakin Buruk.

“Untuk menghindari hal hal yang tak di inginkan, sebaikanya untuk aktivitas pelayaran diimbau lebih lagi meningkatkan kewaspadaan dalam melakukan pelayaran,” Tegas Kepala Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Klas I Dumai, Sanggam Marihot melalui CAPT Yuzirwan Nasution Kasi Keselamatan Berlayar KSOP Klas I Dumai, Rabu (13/2/2019) di ruang kerjanya.

” Lanjutnya lagi, CAPT Yuzirwan Nasution kasi selematan berlayar KSOP kelas 1 Dumai mengungkapkan, agar para nakhoda kapal dalam pelayaran agar selalu mewaspadai terhadap kabut asap serta jalur layar kolam bandar yang terletak di sepanjang pantai Dumai.

“Di jalur tersebut masih banyak kapal yang berlabuh serta parkir menunggu sandar, kita khawatir jika tidak berhati-hati akan terjadi kecelakaan atau tabrakan antara kapal satu sama yang lain akibat kabut asap yang menganggu jarak pandang nakhoda,” Paparnya.

Surat edaran yang di keluarkan Nomer UK.112/ / / ksop Dmi / 2019. kepada pelaut menyangkut keselamatan pelayaran kapal terkait kabut asap yang di keluarkan oleh KSOP untuk di indahkan kepada para pelaut serta Nakhoda karena menyangkut keselamatan terkait kabut asap yang sedang melanda di kota Dumai

“Miskipun masih dalam batas ambang normal jarak pandang, tapi kita selaku institusi wajib mengimbau dan memberitahukan serta mengeluarkan surat edaran,” Tutupnya.

redaksi : MEDIAPESISIR.COM

(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *