MAN 1 Rohil Upah Upah Bupati Terpilih Rohil Aprizal Sintong Bersama Wakil Bupati H.Sulaiman, SS. MH

ROKAN HILIR , (MPC) – Hanya 5 guru ASN (aparatur sipil negara) di Madrasah Aliyah Negeri 1 Rokan Hilir sedangkan 26 tenaga guru lainnya sebagai tenaga honor yang harus mendidik sedikitnya 400 murid yang belajar di MAN 1 Rohil.

Hal ini terkuak saat Bupati Kabupaten Rokan Hilir Afrizal Sintong dan wabup H.Sulaiman, SS, MH di upah-upah oleh keluarga besar MAN 1 Rokan Hilir.

Acara upah-upah tersebut di pusatkan di aula MAN 1 Rohil Jalan Pelabuhan Baru Bagansiapiapi, Jumat (16/07/2021).

Hadir saat itu plt kakan kemenag Rohil, asisten II Pemkab Rohil, pimpinan tinggi pratama OPD Rohil, Kepsek MAN 1 Hj Rachmawati, Ketua Komite MAN 1 Natsir Ali, Panwaslu Rohil.

“Upah-upah ini merupakan tradisi Melayu. Kalau kami upah upah ini untuk membuat semangat tinggi,” tuturnya Afrizal Sintong.

Pada kesempatan ini, bupati Rohil Afrizal Sintong mengharapkan kepada orang tua murid agar jangan meninggalkan sekolah agama bagi anaknya disamping sekolah lainnya.

Dia juga menjelaskan bahwa MAN 1 Rohil dengan jumlah murid hampir 400 hanya sebanyak 5 orang saja guru PNS (ASN, Aparatur Sipil Negara,red).

“Memang kurang guru negeri di MAN 1 Rohil ini yang hanya 5 orang,” tuturnya.

Oleh sebab itu, kedepan guru honor yang bekerja di MAN 1 Rohil akan kita usulkan kementeri agama agar dapat diterima menjadi guru negeri. Dia juga akan memberikan bantuan jika keuangan pemda sudah baik.

“Insya Allah jika keuangan kiita nanti sudah meningkat maka akan kita pikirkan untuk sekolah agama di Rohil ini,” katanya. (aharis)

Editor : Feri Windria

(Visited 35 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *