Latih Kesiapsiagaan Dalam Penanganan Keadaan Darurat, PT KPI RU Dumai Ikut Serta Latihan Gabungan Perkasa C Tahun 2022

MEDIAPESIDIR.COM, (DUMAI) – Sebagai salah satu perusahaan yang dituntut untuk selalu sigap atas keadaan darurat yang terjadi di wilayah kerjanya serta statusnya sebagai Objek Vital Nasional (Obvitnas) yang harus dilindungi, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit (RU) Dumai ikut serta dalam Latihan perkasa C Tahun 2022 yang digelar oleh Komando Sektor (Kosek) I/Medan, pada Selasa (28/06/2022).

Latihan Perkasa C merupakan latihan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan menguji satuan jajaran Komando Operasi Sektor Pertahanan Udara Nasional (Kosekhanudnas) dalam melaksanakan tugas pertahanan udara di wilayah udara bagian barat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) beserta satuan Hanud kewilayahan sehingga tercapai kesiapan operasional.

Skenario yang dijalankan di tahun 2022 ini adalah adanya serangan udara oleh pesawat musuh yang berhasil melakukan pengeboman terhadap salah satu kilang sehingga diperlukan tindakan penanganan keadaan darurat atas hal tersebut.

Latihan Perkasa C Tahun 2022 yang berlokasi di Halaman Main Office PT KPI RU Dumai ini dihadiri oleh General Manager PT KPI RU II, Permono Avianto, Sekertaris Daerah Kota Dumai, H. Indra Gunawan, SIP, M.Si, Kepala Bidang Koopsudnas, Kolonel LEK Febri Eko, Danlanal Dumai, Kolonel Laut (P) Stanley Lakahena, M, Tr. Hanla, Dandim 0320/Dumai, Letkol Arh Hermansyah Tarigan, SE, Dansat Radar 232/Dumai, Letkol LEK Muhammad Fatahillah P, serta jajaran TNI dan tim manajemen PT KPI RU Dumai.

Dalam sambutannya, Permono menyampaikan apresiasinya kepada jajaran TNI atas terselenggaranya latihan ini. “Latihan ini menjadi hal yang baik bagi kami untuk melihat kesiapan bagaimana pengamanan Obvitnas,” ujarnya.

“Kita ketahui bersama bahwa kondisi emergency itu bisa datang dari berbagai macam, salah satunya adalah serangan musuh dari udara seperti yang sudah kita simulasikan tadi. Simulasi penanganan keadaan darurat yang dilaksanakan juga berlangsung dengan sukses dan mudah-mudahan kita bisa terus menjalin koordinasi yang baik bagi pengamanan Obvitnas,” sambung Permono.

Senada dengan hal tersebut, Kolonel LEK Febri Eko yang juga bertindak sebagai Wasit Pengendali dan Penilai (Wasdalnil) menyampaikan apresiasinya atas keterlibatan PT KPI RU Dumai dalam Latihan Perkasa C tahun ini.

“Kami ucapkan terima kasih kepada GM PT KPI RU II atas segala support yang diberikan sehingga kegiatan pelaksanaan latihan Perkasa C tahun 2022 khususnya RU Dumai yang terlibat dalam kegiatan hanud pasif bisa berjalan dengan baik,” ujarnya.

“Kami ucapkan terima kasih juga kepada jajaran staf RU Dumai lainnya serta seluruh Forkopimda yang telah menghadiri kegiatan ini. Event ini sangat baik bagi kita semua untuk meningkatkan koordinasi dalam melaksanakan pertahanan udara bagi NKRI,” tutup Febri.

(Feri Windria) 

(Visited 13 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *