Lantik Kepengurusan Baru, Ketua Umum KNPI Ryano Panjaitan Bicara soal Gagasan Activistpreneur

foto : Suasana pelantikan kepengurusan baru DPP KNPI di Hotel Sahid

MEDIAPESISIR.COM, (JAKARTA) – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) di bawah kepemimpinan Ketua Umum Muhammad Ryano Panjaitan melantik struktur kepengurusan DPP KNPI masa bakti 2022-2025.

Muhammad Ryano Panjaitan mengatakan bahwa dirinya sebagai Ketua Umum DPP KNPI menggagas visi ActivistPreneur.

Gagasan tersebut, dikatakan Muhammad Ryano Panjaitan, bukanlah gagasan yang diperjuangkan dalam waktu singkat.

“Ini sebuah sintetis dari aktivisme yang berasaskan moralitas intelektualitas terus edukasi advokasi sosial dengan entrepreneurship kemandirian secara ekonomi, kretivitas dan disiplin,” kata Ryano di Hotel Sahid, Jakarta, Sabtu (16/7/2022).

Ryano menyebut jika aspek tersebut diaplikasikan, akan menjadi kekuatan yang besar.

“Ini kalau pemuda kita semua begini ke depan, percayalah 2045 kita akan betul-betul jaya,” kata dia.

Ryano juga menegaskan pihaknya mendukung ekonomi kerakyatan lewat kerja sama dengan Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin).

Kerja sama itu sekaligus menyemarakkan Hari Koperasi Indonesia ke-75.

“Kalau bicara program ekonomi kerakyatan ya koperasi, terus didukung juga UMKM,” kata dia.

Dia juga memerhatikan gejala yang terjadi belakangan ini, ketika anak muda masih terjebak dalam tren yang mengkhawatirkan.

Dia memberi contoh bagaimana kalangan muda masib buta investasi, tetapi di satu sisi gemar memamerkan harta mereka di media sosial.

KNPI, dikatakan Ryano, ingin agar anak muda melek soal banyak hal, dan di saat bersamaan juga tetap membumi.

“Itu harapan dan visi kami. Aktivis juga harus berbuat nyata karena ukuran parameter kesejahteraan negara adalah kesejahteraan rakyatnya. Di mulai dari mana? Mungkin separuh dari negara ini yang memimpin itu aktivis, bagaimana kalau seandainya aktivis tidak bisa mandiri dulu secara ekonomi, sebuah kekuasaan adalah amanah sesungguhnya,” ujar Ryano.

Ryano memastikan pihaknya akan terus mengintensifkan kerja sama dengan para pemangku kepentingan. Serta menginventarisir seluruh potensi SDM organ pemuda di bawah naungan KNPI.

“Insya Allah kami segera launching juga sebuah Apps (Aplikasi) berbasis Android dan iOS. Nantinya seluruh pengurus, baik di pusat hingga daerah dibekali aplikasi ini. Mereka akan tahu update-update penting seputar program KNPI. Jadi lebih terorganisir dan mudah dalam berkoordinasi,” kata dia.

Turut hadir dalam kesempatan itu Anggota DPR RI Luluk Nur Hamidah, Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Ramdhani, hingga para mantan Ketua Umum DPP KNPI di antaranya Noer Fajrieansyah.

Acara juga dihadiri ratusan pengurus KNPI daerah serta para pimpinan dan anggota organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP) dan organisasi kemasyarakatan (Ormas).

Sumber : Tribunnews.com

Editor : Feri Windria

(Visited 42 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *