Kominfo Pertajam Ujung Tombak Informasi di Daerah

MEDIAPESISIR.COM, (BATAM) – Kementerian Kominfo mempertajam kualitas dan kapasitas tenaga humas pemerintah di daerah dengan mengadakan bimbingan teknis jurnalistik secara hybrid dari Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, pada Rabu (6/7/2022).

Bimbingan teknis bertajuk Jarkom Edisi Media Center Daerah Vol.2: Menulis Berita Online dan Teknik Search Engine Optimization (SEO) itu diikuti sekitar 300 pengelola media center daerah dan humas instansi.

Direktur Pengelolaan Media, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI, Nursodik Gunarjo mengatakan bahwa peran pejuang informasi baik pusat maupun daerah menjadi penting dan menentukan. Kehumasan pemerintah atau goverment public relation bagi lembaga pemerintahan, ke depan akan memegang peran besar, terutama dalam pemenuhan hak publik terhadap informasi.

“Humas pemerintah menjadi ujung tombak dalam penyampaian program dan kinerja pemerintah dengan narasi-narasi yang mudah dipahami,” tuturnya.

Lanjutnya, bimbingan teknis Jarkom dibentuk sebagai upaya menyediakan wadah bagi pengelola kanal komunikasi publik pemerintah meningkatkan kualitas dan kapasitasnya sebagai penyedia informasi bagi masyarakat.

“Jarkom adalah sebuah kawah pelatihan jurnalistik yang ditujukan khususnya bagi mitra InfoPublik di daerah, dalam hal ini adalah pejuang informasi media center di daerah,” katanya saat membuka acara.

Sasaran jarkom, pertama pada peningkatan kemampuan teknis jurnalistik bagi pada pejuang informasi. Kedua, pada peningkatan kemampuan dalam mengelola narasi yang mudah dipahami publik sesuai kaidah jurnalistik. “Dan yang ketiga, kanal media di Direktorat Pengelolaan Media semakin dikenal luas,” imbuhnya.

Imbasnya yaitu diseminasi informasi dan kebijakan publik dicapai secara optimal untuk mewujudkan Masyarakat Informasi Indonesia, sejalan dengan amanat Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Komunikasi.

(Visited 7 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *