Kn, Inisial Pelaku Perambahan Hutan / Ilegal Logging Di Desa Sungai Linau Kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis

BENGKALIS, (MPC) – Inisial Kn alias non adalah salah satu kordinator pelaku perambahan hutan di Desa Sungai Linau Kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis.

Para pelaku menyembunyikan kayu di aliran sungai yang tertutup semak. Hal ini tentu saja menyulitkan petugas mengamankan barang bukti.

Pembalakan liar atau penebangan liar adalah kegiatan penebangan, pengangkutan dan penjualan kayu yang merupakan bentuk ancaman faktual disekitar perbatasan yang tidak sah atau tidak memiliki izin dari otoritas setempat.

Penelusuran di lapangan beberapa waktu lalu, di dapat sebuah nama sebagai kordinator dan pelaku ilegal logging, yaitu Kn alias non dan dari Kn ini para cukong membeli kayu ilegal, di bawa ke Siak dan Pekanbaru serta Dumai.

Setiap kayu ilegal yang di bawa dalam bentuk kayu balok tim dan papan, di muat dalam mobil truck serta di kawal.

Selama perjalanan dari Sungai Linau menuju kota tujuan di Kabupaten Siak, Kota Pekanbaru dan kota Dumai serta melalui pengawalan oknum aparat. Selama di perjalanan melalui Kantor Polsek di wilayah hukum Polres Bengkalis, Siak dan Dumai terlihat aman-aman saja.

Bahkan konfirmasi yang di ajukan kepada Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan beberapa waktu lalu Jumat (23/7/2021) melalui WA tentang aktivitas Ilegal Logging di Desa Sungai Linau Kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis hingga saat ini tidak di jawab.

Tindak pidana illegal logging menurut Undang-undang No. 41 Tahun 1999 tentang kehutanan dirumuskan dalam Pasal 50 dan ketentuan pidana diatur dalam Pasal 78. Yang menjadi dasar adanya perbuatan illegal logging adalah karena adanya kerusakan hutan

Apakah aparat di Kabupaten Bengkalis sengaja tutup mata terhadap perambahan hutan di Desa Sungai Linau Kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis ?

(Tim)

(Visited 20 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *