Kapolsek Bangko Rohil Berhasil Mengamankan Komplotan Spesialis Pembobol Rumah Warga

ROKAN HILIR, ( MPC ) – Dalam sepekan Polsek Bangko berhasil amankan komplotan pelaku spesialis pembobol rumah dengan kerugian bernilai ratusan juta. Berbekal laporan dari pemilik rumah yang mengalami kerugian hingga Rp. 100.000.000 ( seratus juta rupiah).

Pada hari minggu tanggal 16 Agustus tahun 2020 sekira pukul 08.00 WIB, Korban yang berdomisili di Kabupaten Bengkalis mengecek rumahnya yang telah ditinggalkan selama lebih kurang 7 bulan yang terletak di Jalan Pelabuhan Baru RT/09 RW/ 003 Keluraha Bagan Bagan Barat Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir. Pada saat sampai dirumah korban melihat pagar halaman sudah tidak terkunci dan pintu samping rumah sudah dalam keadaan tidak terkunci dan barang alat – alat yang ada didalamnya sudah berantakan dan perabot rumah banyak yang hilang, antara lain : 1) TV LID 42 inc merk Samsung, 2) TV LID 21 inc merk LG, 3) TV tabung 21 inc merk LG, 4) TV tabung 21 inc merk Polytron, 5) Orgen merk Yamaha, 6) Gitar listrik warna biru merk Scheeter 2 buah speaker merk Marsyal, 7) Orkadion, 8) Mesin jahit merk Singer, 9) Ginset hitam oren, 10) Speaker merk BMG 4 buah beserta Ampli, 11) 1 set meja makan warna coklat, 12) 2 lemari hias, 13) 2 lemari jati, 14) 3 lemari baju, 15) 1 buah AC merk LG, 16) 1 buah AC merk Sharp, 17) 3 buah aquarium, 18) 3 buah springbet, 19) 1 buah meja TV warna coklat, 20) 4 buah lemari bok plastik, 21) laktop merk Thosiba, 22) 1 unit SPM Honda Supra X 125 warna hitam les hijau.

Menanggapi Laporan korban tersebut Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais,SH memerintahkan Panit 1 Reskrim Polsek Bangko Ipda Jonera Putra SH dan Katim opsnal Aipda Ramadan beserta anggota untuk melakukakan penyelidikan,dan segera melakukan pengecekan di TKP Pencurian tersebut.

Setelah dilakukan penyelidikan Kemudian pada hari Rabu tanggal 19 Agustus 2020 pukul 21.00 wib didapat informasi dari Sdr. RK bahwa AR pernah menawarkan 1 (satu) buah lemari pakaian 3 pintu kepada RK, berbekal informasi tersebut Unit Opsnal Polsek Bangko melakukan pengembangan menuju ke Jalan Pelabuhan Baru Gang. Proyek RT/- RW/- Kelurahan Bagan Barat Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir, tepatnya pada pukul 23.00 wib didapati diduga pelaku. AR sedang duduk di dalam rumah, Kemudian diduga pelaku diamankan dan dibawa ke Mapolsek Bangko untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Setelah dilakukan interogasi Berdasarkan keterangan sdr. AR bahwa ianya mengakui benar telah melakukan pencurian rumah kosong di Jalan Pelabuhan Baru RT/09 RW/ 003 Kelurahan Bagan Bagan Barat Kecamatan Bangko Kabuoaten Rokan Hilir, sebanyak 4 (empat) kali dengan rincian :

– Pada hari Rabu tanggal 7 Mei 2020 sekira jam 01.00 WIB mengambil 1 (satu) Buah tempat Televisi dan 1 (unit) Televisi 21“ merk LG warna Hitam kombinasi warna silver. Bersama : 1. MK, 2. BR 3. TN, kemudian pada hari Sabtu tanggal 30 Mei 2020 sekira jam 23.00 WIB pelaku kembali melakukan pencurian 1 (satu) buah Spring Bed warna merah kombinasi warna Putih bersama Sdr MK, BR. dan TN

– pada hari senin tanggal 01 Juni 2020 sekira jam 01.30 WIB mengambil lemari tiga pintu warna kuning bersama MK,BR,TN

– Pada Hari jumat tanggal 31 Juli 2020 sekira jam 12.00 wib mengambil 12 (dua) belas Buah mangkok plastik warna putih, 1 (satu) buah keramik guci bergambar burung merak, dan 1 (satu) buah kursi berwarna kuning emas. bersama MK dan,TN.

Berdasarkan hasil interogasi terhadap. AR diperoleh keterangan bahwa sepeda motor Supra yang dicuri di rumah disimpan oleh HR selanjutnya Unit Opsnal Polsek Bangko menuju kerumah. HR di Jalan Pelabuhan Baru RT/009 RW/- Kelurahan Bagan Barat Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir. tepatnya pada pukul 14.00. WIB didapati diduga pelaku. HR sedang berada di dalam rumah, Kemudian diduga Pelaku diamankan, setelah dinterogasi awal berdasarkan keterangan sdr. HR bahwa ianya disuruh oleh TN (DPO) untuk mengambil sepeda motor hasil curian 1 (satu) unit SPM honda Supra X 125 warna hitam les hijau yang disembunyikan didalam semak disamping rumah korban di Jalan Pelabuhan Baru RT/09 RW/ 003 Kelurahan Bagan Bagan Barat Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir dan Berdasarkan keterangan. HR sepeda motor tersebut di titip dirumah kelurganya di Kecamatan Kubu Babusalam, selanjutnya pada pukul 16.00. WIB , dilakukan pengembangan unit Opsnal Polsek Bangko bersama dengan. HR menuju ke Kubu untuk mengambil Barang bukti 1 (satu) unit SPM honda Supra X 125 warna hitam les hijau tersebut.

Adapun Barang Bukti yang telah diamankan oleh Pihak polsek bangko dari tangan para pelaku berupa ;
1) TV tabung 21 inc merk LG,
2) TV tabung 21 inc merk Polytron,
3). satu buah Orkadion
4) satu unit Ginset hitam oren
5) tiga buah Speaker merk BMB
6) 1 set meja makan warna coklat
7) satu buah lemari jati
8) dua lemari baju
9) satu buah aquarium
10) satu buah springbed, 19)
11) satu unit laktop merk Thosiba
12) satu unit SPM Honda Supra X 125 warna hitam les hijau
13) satu buah lampu emergency
14) satu buah alat pijak kaki elektronik

Kepada pelaku pencurian dengan pemberatan tersebut juga dilakukan tes urine dengan hasil NEGATIF amphetamine ataupun zat adiktif lainnya,saat ini pelaku sudah diamankan di polsek bangko untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya.

“Pelaku diancam dengan pasal 363 Ayat (1) ke 3,4 dan 5 KUHPidana dengan ancaman maksimal 9 TH kurungan penjara,” jelas Kapolsek bangko Kompol Sasli Rais,SH

Disamping itu Panit 1 reskrim Polsek bangko Ipda Jonera putra juga meminta kepada masyarakat yang berpergian ataupun yang meninggalkan rumah cukup lama agar menitipkan kepada tetangga atau keluarga menghindari kejadian yang serupa.

“Kejahatan itu terjadi karena ada Niat dan kesempatan, mari bersama kita jaga kamtibmas yang kondusif dengan meminimalkan kesempatan kesempatan bagi pelaku kejahatan,” terang Panit 1 Reskrim Polsek angko Ipda Jonera putra yang berasal dari Kabupaten Kampar. (aharis)

(Visited 18 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *