Ini Duka Kita Semua, Seluruh Warga Kota Dumai

DUMAI, (MPC) – Dalam beberapa waktu terakhir, kita sama-sama menyaksikan bahwa Kota kita dilanda banjir rob. Dan kondisi nya tidak seperti biasanya. Luapannya datang berulang kali, dan intensitasnya pun cukup banyak.

Jika kita perhatikan, sebetulnya ada beberapa hal yang menyebabkan banjir rob ini terjadi. Pertama, masalah Pemanasan global, pembabatan hutan mangrove atau hutan bakau, topografi wilayah yang mengalami penurunan, perubahan tanah rawa dan lain sebagainya.

Khusus untuk Kota Dumai, Kawasan pesisir Kota kita sebagian besar dimanfaatkan untuk kegiatan industri, pergudangan dan pelabuhan sehingga memiliki dampak terhadap kenaikan permukaan air laut. Dan yang perlu kita ingat bahwa, kawasan pesisir pantai/laut menjadi otoritas dan kewenangan Pemerintah Pusat. Pemerintah Kota tidak punya kewenangan di dalamnya.

Saya fikir, ini memang terasa berat bagi kita semua. Sedih sebahagian masyatakat, menjadi kesedihan bagi kita semua di Kota Dumai. Dalam 5 tahun terakhir, Setiap tahunnya Pemerintah Kota Dumai selalu mengusulkan agar Pemerintah Pusat Peduli dengan Kota Dumai dengan memberikan bantuan alokasi khusus guna menanggulangi persoalan abrasi, pembuatan tanggul raksasa, hingga Pembudidayaan kembali hutan mangrove guna mencegah Banjir rob ini.

Namun, sampai tahun ini apa yang kita perjuangkan dan yang kita usulkan tersebut belum mendapat prioritas dari Pemerintah Pusat. Saya tidak mau berputus asa dan masih menyimpan harapan, semoga di tahun-tahun yang akan datang, apa yang kita usulkan tersebut dapat di realisasikan Pemerintah Pusat sehingga kejadian-kejadian serupa tidak terjadi lagi.

Saya juga berharap pada masyarakat Kota Dumai untuk tetap bersatu dan bersama-sama bekerja keras guna mendukung kebijakan Pemerintah, minimal dengan tidak membuang sampah sembarangan, bergotong royong membersihkan sedimentasi parit tempat tinggal, memberikan resapan air di gedung/bangunan dan tidak merubah fungsi drainase/parit yang telah dibangun oleh Pemerintah.

Kebijakan Pemerintah tanpa dukungan masyarakat tidak akan ada artinya. Untuk itulah, kami mengharapkan dukungan penuh dan partisipasi kita semua menghadapi ini semua. Dengan izin Allah SWT, Semoga kita semua bisa menghadapi situasi sulit ini dengan baik.

Di Perubahan APBD 2020 ini, Pemerintah Kota Dumai akan mengerjakan apa yang menjadi kewenangan dan otoritas kita. Misalnya, kita sudah menganggarkan sejumlah anggaran untuk program pengerukan parit dan sungai. Semoga OPD terkait dapat segera mengeksekusinya dengan maksimal, sehingga hasilnya bisa diraskan langsung oleh masyarakat Dumai secara luas.

Salam Hangat dan Cinta,

Zulkifli AS

(Visited 189 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *