Hj. Rizayati : UMKM Harus Go Digital Membuka Peluang Pasar Yang Lebih Besar

MEDIAPESISIR.COM, (JAKARTA) – Sebagai pengusaha papan atas, Presiden Direktur PT Imza Rizky Jaya (IRJ) Dr. Hj. Rizayati, SH, MM, terus berkomitmen untuk merangkul para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) agar berkembang dan bisa menghadapi tantangan global.

Hj. Rizayati menyampaikan hal itu kepada strateginetwork, Kamis, 8 September 2022.
Penggagas program Indonesia Terang ini mengatakan, pihaknya secara kontinyu terus melakukan upaya-upaya peningkatan kapasitas usaha UMKM yang dimiliki masyarakat. Salah satunya, mendorong pelaku UMKM agar memanfaatkan tekonolgi digital untuk memasarkan produknya.

“ Digitalisasi membuka pasar yang besar dan menjadi salah satu strategi yang dapat diterapkan UMKM untuk memasarkan produknya. Ditambah sejak pandemi banyak kegiatan masyarakat yang bisa dilakukan secara daring dari rumah. Apalagi sekarang hampir 74% penduduk Indonesia menggunakan Internet. Jadi digitalisasi harus menjadi salah satu strategi UMKM untuk memasarkan produk, melalui marketplace atau platform-platform e-commerce,” kata Hj. Rizayati.

Pengusaha sukses asal Bireuen, Aceh ini mengungkapkan, UMKM merupakan pilar terpenting dalam perekonomian Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah UMKM saat ini mencapai 64,2 juta dengan kontribusi terhadap PDB sebesar 61,07% atau senilai 8.573,89 triliun rupiah.

Kontribusi UMKM terhadap perekonomian Indonesia meliputi kemampuan menyerap 97% dari total tenaga kerja yang ada serta dapat menghimpun sampai 60,4% dari total investasi. Namun, tingginya jumlah UMKM di Indonesia juga tidak terlepas dari tantangan yang ada.

“Kalau UMKM tumbuh dengan baik, pelaku ekonominya juga akan semakin banyak dan bergerak sehingga akan menciptakan pertumbuhan ekonomi secara nasional, dan akhirnya banyak menciptakan lapangan pekerjaan,” ungkapnya.
[nug/red]

Editor : Feri Windria

(Visited 10 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *