Hari Pers Sedunia, Ketum PWRI : Pers Harus Profesional Dalam Menjalankan Tugas Jurnalistik

JAKARTA, (MPC) – Pers memiliki peran strategis sebagai sebagai media informasi, media pendidikan, media hiburan, media kontrol dan menyampaikan pesan-pesan pembangunan dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Dalam perspektif demokrasi, pers memiliki peran terhadap kontrol kebijakan yang akan maupun telah dikeluarkan oleh pemerintah.

Momen peringatan hari pers sedunia yang diperingati setiap tanggal 3 Mei oleh seluruh insan pers, bertujuan untuk mengingat jasa para pejuang pers yang gugur dalam tugas juga untuk membangkitkan pers dunia yang lebih baik dalam menjalankan tugasnya.

Hal ini disampaikan Ketua Umum Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI) Dr. Suriyanto PD, SH, MH, M.Kn, melalui keterangan resmi kepada awak media di Jakarta, Senin, 3 Mei 2021.

“ Setiap tahun hari pers dunia ini terus menerus kita peringati, hari pers dunia yang jatuh di tanggal 3 Mei 2021 ini hendaknya dapat juga membangkitkan perubahan pers nasional di Indonesia,” kata Dr. Suriyanto.

Disampaikan Suriyanto, dunia pers di era digital saat ini harus semakin cermat dalam menyajikan informasi fakta di segala bidang.

Kecepatan teknologi digital informasi ini juga harus diikuti oleh kemampuan para insan pers agar dalam menjalankan tupoksi sebagai insan pers yang handal, baik di kancah nasional dan internasional.

“ Dunia pers bergerak sangat dinamis, seiring pesatnya perkembangan teknologi digital. Karenanya, hal tersebut harus dibarengi dengan tingkat SDM yang mumpuni, baik jurnalis yang berasal dari akademisi ataupun dari otodidag. Agar informasi yang disuguhkan tidak menimbulkan akibat hukum terhadap diri jurnalis ataupun terhadap sesuatu yang diberitakan,” terang Suriyanto.

Suriyanto mengingatkan, dalam menjalankan kebebasan pers ini juga tidak terlepas dengan aturan – aturan yang ada, baik itu di tingkat nasional maupun internasional.

“ Semoga di hari pers dunia tahun ini kita sebagai profesional pers dapat menjalankan fungsi persnya dengan baik agar tidak menimbulkan permasalah hukum,” pesan Dr. Suriyanto PD, SH, MH, M.Kn, Ketua Umum DPP Persatuan Wartawan Republik Indonesia.
(jgd/red)

(Visited 9 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *