Harga TBS Kelapa Sawit Ditingkat Petani Palas Rp 1.600/ Kg

PADANG LAWAS, (MPC) – Harga tandan buah segar ( TBS) kelapa sawit ditingkat petani wilayah Kecamatan Ulu Sosa, tepatnya di Desa Bonan Dolok Rp 1.600,- / Kg ( per kilo gram).

Kondisi harga TBS kelapa sawit ini, naik sekitar Rp 500 / Kg, dari seminggu yang lalu.

“Kenaikan harga TBS ini bertahap. Mulai dari sekitar Rp 15 per kilo, hingga Rp 50. Dan yang jelas, total kenaikan harga TBS seminggu ini sekitar Rp 500 ditingkat petani,”papar Rapotan kepada wartawan, Minggu ( 20/9/2020).

Untuk hasil produksi TBS petani, dijelaskannya, saat ini lagi menurun. Hal itu dimungkinkan, akibat tanaman kelapa sawit para petani kurang perawatan beberapa waktu. Disebabkan, kondisi harga TBS yang kurang sesuai. Hanya kisaran Rp 700/ Kg, sekitar lima bulan yang lalu.

“Penurunan hasil panen dari sekitar 800 Kg perhektar menjadi sekitar 500 Kg saat ini, sepertinya akibat dampak kurang perawatan lahan disebabkan kondisi harga yang tidak sesuai dengan harapan petani beberapa waktu lalu,”terang Rapotan.

“Semoga kondisi harga TBS kelapa sawit terus membaik dan membawa berkah bagi masyarakat petani sawit kedepan,”harapnya. (Bocis)

Editor : Feri Windria

(Visited 10 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *