Harga TBS Kelapa Sawit di PalasTurun

PADANG LAWAS, (MPC) – Setelah sempat mengalami kenaikan harga hingga mencapai sekitar Rp 100/ Kg (per Kilo gram), dari Rp 1.500 menjadi Rp 1.600/ Kg seminggu yang lalu, harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit para petani kembali menurun di Kabupaten Padang Lawas (Palas). Saat ini harga TBS petani kelapa sawit ditingkat agen disejumlah wilayah kecamatan di Palas, sekitar Rp 1.350-hingga Rp 1.530/Kg. Tergantung kondisi lokasi tempat TBS kelapa sawit para petani yang akan dijemput para agen.

Demikian disampaiakan salah seorang petani kelapa sawit di Desa Tanjung, K.ecamatan Aek Bara Barumun, Amran Pulungan kepada wartawan, Senin (28/9/2020) siang. Ia berharap, kondisi harga TBS kelapa sawit yang sudah sempat membuat bergairah para petani kelapa sawit dapat normal dan naik kembali.

“Semoga kedepan harga TBS kelapa sawit kembali normal dan berpihak untuk kesejahteraan kami para petani kelapa sawit”.katanya.

Kondisi harga TBS kelapa sawit yang menurun ini, juga dibernarkan salah seorang agen TBS Kepala sawit di Desa Janjilobi, Kecamatan Barumun, Ali Topan Hasibuan. Dan Kepala Desa Bonan Dolok Kecamatan Ulu Sosa Rapotan Nasution, serta agen TBS kelapa sawit di Desa Mondang Kecamatan Sosa Dasril Daulay.

Selain kondisi harga menurun, keluhan masyarakat petani saat ini ditambahkan Ali Topan, juga kondisi hasil produksi TBS kelapa sawit yang menurun. Ia juga berharap, kondisi harga TBS hasil panen para petani sawit di Palas kedepan dapat segera membaik (naik) kembali. (Bocis).

(Visited 116 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *