Gubernur Riau Lantik Bupati dan Wakil Bupati Rohil Terpilih Masa Jabatan 2021-2026

PEKANBARU, (MPC) – .Gubernur Riau,Syamsuar melantik Afrizal Sintong – H.Sulaiman sebagai Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hilir (Rohil) masa jabatan 2021-2026. Pelantikan Afrizal Sintong – H.Sulaiman dilakukan dengan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat di Balai Pelangi, Kompleks Gubernur Riau, jalan Diponegoro Pekanbaru, Selasa (08/06/2021).

Acara pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan bupati dan wakil bupati Rokan Hilir itu diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia raya, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan petikan putusan menteri dalam negeri republik indonesia Nomor 131.14-281 tahun 2021 oleh Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sekretariat Daerah Provinsi Riau. Setelah itu dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan bupati dan wakil bupati Rokan Hilir oleh Gubernur Riau, Syamsuar.

Gubri mengambil sumpah jabatan kepada kedua kepala daerah tersebut. “Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai Bupati Rokan Hilir sebagai wakil Bupati Rokan Hilir, dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD Negara RI tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat nusa dan bangsa,” kata Gubri yang diikuti oleh Afrizal Sintong – H.Sulaiman.

Dikesempatan itu Gubri juga mengingatkan kepada Bupati dan wakil Bupati Rokan Hilir yang baru dilantik bahwa sumpah yang di ucapkan mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan negara republik indonesia, bertanggung jawab memelihara dan menyelamatkan Pancasila dan UUD 1945 serta bertanggung jawab terhadap kesejahteraan rakyat. Sumpah ini disamping disaksikan oleh diri sendiri dan oleh semua yang hadir sekarang juga penting sekali untuk disadari bahwa sumpah ini disaksikan oleh tuhan yang maha esa karena Tuhan itu maha mendengar dan mengetahui.

” Sumpah ini hendaknya diucapkan dalam kesadaran sepenuhnya dengan kemauan yang sungguh-sungguh. Sumpah ini adalah janji terhadap Tuhan yang maha esa dan manusia yang harus ditepati dengan segala keihklasan dan kejujuran,” di ingatkan Syamsuar.

Dalam pengarahannya, Gubri Syamsuar atas nama masyarakat dan pemerintah provinsi Riau mengucapkan selamat atas pelantikan Afrizal Sintong dan H. Sulaiman sebagai Bupati dan wakil Bupati Rokan Hilir.

” Penetapan Bupati dan wakil Bupati Rokan Hilir terpilih periode 2021-2026 berdasarkan keputusan menteri dalam negeri Nomor 131.14-281 tahun 2021 tentang perubahan kedua atas keputusan menteri dalam negeri Nomor 131.14-281 tahun 2021 tentang pengesahan pengangkatan kepala daerah dan wakil kepala daerah hasil pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020 di kabupaten/kota di provinsi Riau,” ungkapnya.

Disampaikan Syamsuar, pelantikan Bupati dan wakil Bupati Rokan Hilir memiliki arti dan makna yang sangat strategis, terutama dalam rangka kelanjutan kepemimpinan dan proses pembangunan serta penyelenggaraan pemerintahan dan pembinaan kemasyarakatan di kabupaten Rokan Hilir kedepan. Untuk itu kepada Bupati dan wakil Bupati yang baru dilantik Gubri menghrapkan amanah yang diberikan dapat membawa kemajuan dan kesejahteraan yang lebih baik bagi kabupaten Rokan Hilir.

” Besarnya harapan masyarakat Rokan Hilir pasti tertumpu kepada saudara bupati dan wakil bupati karena ada harapan besar membawa perubahan yang lebih baik,” harapnya.

Dikesempatan itu, atas nama pemerintah provinsi Riau, Datuk Sri Setia Amanah, Syamsuar memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada TNI-Polri, KPU dan seluruh jajarannya, Bawaslu beserta seluruh jajarannya yang telah menyelenggarakan pilkada dalam keadaan aman jujur dan adil.

Dalam pelantikan itu, hadir juga Wakil Gubri, Ketua dan wakil ketua DPRD Riau, pimpinan forkopimda provinsi Riau, ketua tim penggerak PKK provinsi Riau, ketua KPU dan Bawaslu provinsi Riau, tokoh masyarakat, para ulama dan tokoh adat.

Tampak juga hadir dalam pelantikan kepala daerah Rokan Hilir itu, Bupati Rokan Hilir masa bakti 2016-2021, H.Suyatno dan Drs.Jamiludin, ketua DPRD Rokan Hilir,Maston, para pimpinan forkopimda dilingkungan Pemda Rokan Hilir serta ketua KPU dan ketua Bawaslu Rokan Hilir,Sekda Rohil.

Acara pelantikan diakhiri dengan penandatanganan berita acara pengambilan sumpah jabatan Bupati dan wakil Bupati Rokan Hilir terpilih..(aharis)

(Visited 26 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *