Gelar Musda IKJR Rohul, H. Sukiman: Beraneka Ragam Suku Kekuatan Membangun Rohul

MEDIAPESISIR.COM, (ROHUL) – Ketua Umum DPP Ikatan Keluarga Jawa Riau (IKJR) Riau yang juga Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman secara resmi membuka Musyawarah Daerah (MUSDA) Ke II DPD IKJR Kabupaten Rokan Hulu, di Hotel Sapadia Pasir Pengaraian, Sabtu (02/07/2022).

Pembukaan MUSDA Ke II DPD IKJR Kabupaten Rokan Hulu ini ditandai dengan pemukulan gong sebanyak 7 kali oleh Ketua Umum DPP Ketua IKJR Riau H. Sukiman turut didampingi Wakil Bupati Rohul H. Indra Gunawan, Sekjen DPP IKJR Rifai, Ketua IKMR Rohul H. Ilip, Ketua IKJR Rohul dan Kepala OPD dilingkungan Pemkab Rohul

Turut juga dihadiri Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati Sukiman, Kadis Kominfo Rohul H. Syofwan S.Sos, Forkompinda Rohul, Kepala OPD dilingkungan Pemkab Rohul, Para Camat se Kabupaten Rokan Hulu, Pengurus DPP IKJR Provinsi Riau.

Selain itu, Ketua DPD IKJR Rohul Ir Sri Hardono MM, Ketua Panitia Pelaksana Musda DPD IKJR Kabupaten Rokan Hulu, Para Punisepuh IKJR, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama.

Musda II DPD IKJR Rohul dengan mengusung tema “Guyub Rukun Agawe Santoso Sepi Ing Pamrih Rame Ing Gawe. Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Bangun Karso, Tut Wuri Handayani”

Ketua Umum DPP IKJR Provinsi Riau H. Sukiman mengatakan Musda merupakan agenda tertinggi dalam sebuah organisasi. oleh karena itu dengan diadakan Musda ke- 2 DPD IKJR Kabupaten Rohul merupakan suatu momentum yang tepat dalam upaya menggairahkan dan menghidupkan serta membawa organisasi IKJR kearah perubahan yang lebih baik.

Karena, Lanjut Sukiman, melalui Musda akan dilaksanakan evaluasi, koreksi dan introspeksi terhadap Program sekaligus sebagai sarana untuk memilih dan menentukan kepengurusan serta menyusun program-program yang lebih baik di masa yang akan datang.

“Saya menyambut baik dilaksanakan kegiatan Musda IKJR Rohul ke 2 ini, semoga pelaksanaan Musda ini, dapat menghasilkan ide, gagasan dan program-program inovatif yang bermanfaat baik bagi organisasi maupun masyarakat secara luas,” harap Sukiman yang juga Bupati Rohul ini

Selain sebagai organisasi kemasyarakatan, Sukiman berharap eksistensi DPD IKJR Rohul harus terus dapat menjalin kerja sama dengan masyarakat dan Pemerintah, bersinergi serta berperan dalam pelaksanaan pembangunan.

“Saya menyampaikan kepada seluruh peserta Musda II DPD IKJR Kabupaten Rokan Hulu untuk melaksanakan musyawarah dengan penuh kekeluargaan, toleransi, bersahabat dan menjunjung tinggi nilai kebersamaan,

Dengan harapan, hasil Musda dapat dilaksanakan dengan baik sesuai dengan kesepakatan bersama dalam rangka membawa organisasi semakin baik.

“Sesuai dalam kata bijak Jawa disebutkan “kena iwake aja nganti buthek banyune” (berusahalah mencapai tujuan tanpa menimbulkan kerusakan),” ujarnya

Sukiman berharap suku Jawa yang tergabung dalam IKJR dapat berkembang dan eksis dimana saja, diantaranya di sebabkan oleh adanya nilai-nilai dan berbagai ungkapan dari nenek moyang turun temurun sampai sekarang, yang di lestarikan dan di jadikan pegangan ditengah-tengah masyarakat.

“Seperti “eling lan waspada, sadar lan sabar, stiti lan ngabekti, sumeleh tur sareh” yang bermakna (ingat dan waspada, sadar dan sabar, hemat dan mengabdi, ikhlas dan tenang). Dengan ungkapan tersebut suku Jawa selalu berupaya untuk menghindari konflik dengan sesama dan menjunjung tinggi nilai kerukunan, kebersamaan dan kegotong-royongan,”

“Nilai-nilai ini pula lah yang membuat suku jawa dan IKJR dapat melaksanakan kata bijak melayu “dimana bumi di pijak disitu langit di junjung” dapat menyesuaikan diri dan diterima dimana saja berada. Dalam keberagaman kita bersatu hari ini melaksanakan Musda, Semoga organisasi ini semakin maju,” harap Sukiman

Sukiman mengaku Musda ini dilaksanakan secara demokratis. Para Pengurus bisa dipilih dan memilih Ketua IKJR Rohul yang baru dan berharap pengurus IKJR ikut serta bersama-sama masyarakat yang lain membangunkan Rohul yang kita cintai ini.

“Rokan Hulu beraneka ragam sukunya, kita ini mesti harus bersatu meski perbedaan itulah justru kita jadikan suatu solusi bagaimana untuk memperkuat atau menyatukan semua elemen dengan beraneka ragam tadi menjadi satu kekuatan untuk membangun Rohul yang kita cintai,” harapnya

Sukiman juga mengatakan, setelah Musda IKJR Rohul, nantinya akan digelar Musda IKJR Kabupaten/Kota di Riau, diantaranya Kabupaten Kampar, Kota Pekanbaru, Pelalawan dan Bengkalis.

Sementara itu, Ketua DPD IKJR Rohul Sri Hardono mengucapkan terima kasih kepada Panitia Musda yang telah bertungkus lumus mensukseskan dalam rangka memilih Ketua IKJR Rohul untuk lima tahun mendatang.

“Saya berharap Pengurus IKJR Rohul mendatang lebih kredibel dan bisa bersinergi dan mendukung Program Pembanguan di Rohul. Karena pondasinya sudah dimulai pak Sukiman saat menjadi Ketua IKJR Rohul,” harapnya

Dari laporan Ketua Panitia Pelaksana Suparno S.Hut, peserta Musda II IKJR Rohul diikuti sebanyak 57 orang, yang terdiri dari Dewan Pendiri dan Dewan Penasehat IKJR, Peninjau 3 orang, Fungsionaris IKJR Rohul 3 orang, Fungsionaris DPC IKJR Rohul 48 orang dan DPD 3 orang.

(MC.Kominfo/kaliun)

(Visited 12 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *