Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Dumai Gelar Kegiatan Bulan Bahasa

Foto : Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Dumai, Suriyanto, SP menyerahkan Penghargaan dan bingkisan kepada Narasumber pada kegiatan Bulan Bahasa

DUMAI, (MPC) – Bulan Bahasa merupakan bulan dimana setiap orang dapat mengekspresikan bakatnya terutama dalam bidang sastra yang bertujuan untuk lebih mencintai Budaya sendiri yaitu budaya Indonesia.

Bulan Oktober ditetapkan sebagai Bulan Bahasa oleh Presiden RI, Soeharto karena pada 28 Oktober 1928, dimana para pendahulu bangsa kita menetapkan Sumpah Pemuda dengan bahasa sebagai butir ketiganya, yaitu kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kegiatan tahun ini dilaksanakan secara virtual, di mana kondisi saat ini yang tidak memungkinkan untuk berkumpul dan bertatap muka dikarenakan pandemic covid-19.

Kadis Persip Dumai Harap ATPUSI Berperan Mencerdaskan SDM di Sekolah, Namun Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Dumai Suriyanto, SP berharap, semoga situasi saat ini tidak mengurangi motivasi dan semangat kita untuk terus meningkatkan kemampuan literasi, baik melalui kegiatan membaca selama di rumah, belajar menulis, belajar secara daring dan kegiatan literasi lainnya.

Perayaan Bulan Bahasa tahun ini mengusung tema “Reading Is My Secret Power” yang dikemas dalam acara Kalam Kudus Reading Week 2020.

” Melalui tema ini kita berharap bahwa dengan gemar membaca, segala informasi yang diperoleh akan menjadi bekal dan kekuatan bagi siswa/siswi untuk hidup lebih baik, memperoleh kesejahteraan, dan mampu meraih cita-cita dan masa depan.

“Kita semua tahu bahwa perpustakaan sekolah itu penting, tapi kita tidak bisa menganggap bahwa semua orang mengetahui hal itu. Untuk mengembangkan perpustakaan sekolah, kita memerlukan dukungan dari banyak pihak, yaitu kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, orang tua, pemerintah, pembuat keputusan, penerbit, para ahli teknologi dan lain-lain, “kata Suriyanto, Selasa (27/10/2020) dikantornya.

Sekolah Kristen Kalam Kudus menggunakan kesempatan ini untuk menyoroti pentingnya peran perpustakaan sekolah, melalui kegiatan-kegiatan literasi yang diwujudkan dalam pelaksanaan Reading Week 2020 ini.

” Meski peringatan Bulan Bahasa iini hanya setahun sekali, namun itu mengandung makna negeri ini punya kepedulian terhadap budaya bangsa khususnya bahasa. Salah satu dasar pentingnya memperingati acara bulan bahasa yakni agar masyarakat mengetahui dan mengerti tentang budaya bangsa Indonesia dan bagi para pelajar, “ujar Suriyanto.

Bagi sekolah-sekolah yang ada di Kota Dumai khususnya di Sekolah Kristen Kalam Kudus yang melaksanakan kegiatan ini, kata Suriyanto untuk selalu melestarikan budaya bangsa terutama dalam penerapan berbahasa agar budaya kita akan selalu ada dan menjadi lebih baik.

” Dengan semangat Bulan Bahasa mari kita tingkatkan rasa cinta bahasa Indonesia melalui penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar sebagai wujud rasa cinta kita terhadap Bahasa Indonesia. Melalui kegiatan Reading Week 2020 ini, mari kita jadikan sebagai ajang berkarya dan berekspresi untuk menumbuhkan budaya literasi, ” sebut Suriyanto.

Kegiatan Kalam Kudus Reading Week 2020, yang diadakan Sekolah Kristen Kalam Kudus secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Dumai, Suriyanto, SP.

Kegiatan memperingati Bulan Bahasa ini diikuti oleh Kepala KB-TK, SD, dan SMP, para guru dan anak-anak yang diterapkan secara virtual.

(Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Dumai)

(Visited 11 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *