Desa Makeruh Berhias, Bersih, Harmoni, Agamis dan Sejahtera

BENGKALIS, (MPC) – Bercerita tentang Rupat teringat satu Desa yang saat ini layak untuk di kunjungi, karena di Desa Ini seperti kata orang tempatan saat berkunjung ke Desa satu ini sama dengan telah mengunjungi satu pulau Rupat, Pasalnya, di Desa Ini terdapat beberapa objek wisata, diantaranya ada pantai yang terpapar luas di sepanjang Pesisir Desa, mangrove park atau taman bakau, dan beberapa peninggalan sejarah Kerajaan Siak yang di antaranya ada beberapa makan Keturunan di Raja Siak yang bersemayam di Desa Ini.

“Desa yang menjadi salah satu tujuan objek wisata di saat hari libur tiba ini adalah Desa Makeruh, Desa yang terletak di Pesisir Pulau Rupat Kabupaten Bengkalis, Desa yang Elok di hiasi pantai berpasir putih dan telah di bangun juga beberapa tempat peristirahatan untuk para wisatawan untuk memanjakan mata saat berkunjung dan tentunya akan menjadi ajang SwaFhoto saat sampai di Desa ini.

Dibawah Kepemimpinan kepala Desa yang selalu bersinergi dan terus menggali potensi wilayah untuk di kembangkan membuat Desa Makeruh semakin tampak semarak dan Indah bak kata warga yang di singgahi awak Mediapesisir.com banyak masyarakat Desa setempat mengatakan, kalau saat ini Desa Makeruh benar benar sedang berhias di pimpin oleh Kepala Desa (Kades) yang saat ini membuat Desa kami menjadi lebih asri dan terlihat ada perubahan di titik titik objek wisata yang tentunya akan banyak mengundang wisatawan lokal maupun wisatawan dari luar pulau Rupat.

Saat di wawancarai langsung Kades Makeruh Dedi Sumantri,,S.Pd mengatakan, Ia terus mencari cara bagaimana agar Desa yang di pimpinnya saat ini bisa menjadi salah satu Desa yang Insya Allah bisa menjadi tujuan untuk kunjungan para wisatawan, di Desa Makeruh sudah di bangun beberapa objek wisata untuk para pengunnjung berswa foto dan memanjakan mata memandang indahnya hamparan pasir putih pantai sehingga bisa menjadi salah satu teraphi relaxasi bagi wisatawan yang berkunjung ke pantai Makeruh dan objek wisata trecking mangrove atau taman bakau,dan pelabuhan terapung,” bebernya.

“Ucapan ini buka saja dari kepala Desa saja, melainkan juga datang dari masyarakat Desa.

Sedangkan ada beberapa Desa mungkin yang sedikit melambat dalam pembangunan di Desa saat masa pandemi ini, tapi berbanding terbalik dengan Kades satu ini walaupun sama di ketahui saat ini dana Desa banyak terfokus untuk penangangan bantuan covid yang terus tersalurkan di Desa Makeruh.

Kades muda ini tak kenal lelah dalam merancang dan membangun, salah satu nya objek wisatanya yang dalam penuturannya mengatakan, tentu bisa menjadi mesin penghasil PAD Desa Makeruh dan bisa membuka peluang usaha untuk masyarakat Desa setempat dalam bidang UKM yang saat ini di rasa mampu untuk membantu masyarakat menghasilkan sumber-sumber tumbuh kembangnya perekonomian di Desa makeruh.

Desa yang terletak di pinggiran pulau Rupat ini benar-benar layak untuk di kunjungi apalagi saat ini di Desa Makeruh ada event tahunan yang juga salah satu ide dalam mengundang wisatawan untuk hadir dan berkunjung ke Desa ini, Event Festival Sampan Layar Jong yang beberapa waktu lalu telah pernah di adakan dan terlihat sangat memanggil para wisatawan, walau dalam pengawasan protokol covid yang ketat tapi vestival Sampan layar jong ini tetap terlaksana dengan meriah dan luar biasa,jadi Vestival pacu sampan layar jong ini insya Allah akan menjadi salah satu event tahunan yang akan di laksanakan di Desa tersebut.

Ada juga taman bakau atau mangrove di bangun saat Desa lain melambat beda dengan desa ini, malah tuntas dalam pembangunan trecking bakau yang di bangun tepat di tepian sungai dan tentunya lagi lagi membuat para wisatawan pecinta swafhoto akan mengabadikan diri nya dan keluarga nya berfhoto selvy di sana, karena trecking bakau atau taman mangrove ini tertata indah berwarna warni ,dan bagi pengunjung juga bisa menikmati pelabuhan apung dan bermain mengitari sungai menggunakan bebek dayung yang di siapkan BUMDES Desa Makeruh dan seperti bahasa Kades Dedi sangat bisa menjadi salah satu mesin penghasil PAD Desa.

Desa Wisata Makeruh adalah salah satu Desa yang mengikuti program pengembangan wisata yang sedang difokuskan oleh pemerintah saat ini. Dari sekian banyak desa wisata di pulau Rupat, Desa Makeruh yang berada di Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis, mampu menarik perhatian masyarakat luas, Ciri khas Desa ini, yang sebelumnya selalu diidentikkan dengan kegersangan kini berubah total.

Dedi mengaku bersyukur karena para pemuda mau belajar dan berinovasi dalam pembangunan Desa wisata ini, awalnya susah karena sebagian masyarakat tidak paham terkait Desa wisata. perlu ada contoh dari pemerintah Desa, tantangannya adalah SDM masyarakat Desa itu sendiri,” bebernya.

Inilah hasil karya dan jerih payah Dedi Kades Makeruh bersama Staf Desanya yang memberanikan diri untuk mendorong dan menjadikan Desa yang dulunya tidak begitu di kenal, menjadi sebuah tempat untuk berkreasi serta beredukasi,” pungkasnya.

“Harapan kepala Desa Makeruh Dedi kepada Instansi yang berada di Kabupaten maupun Provinsi, agar bisa membantu dan memperhatikan dalam pengembangankan Insfratruktur jalan aksen menuju titik titik wisata, karena dengan semakin rapi dan bagusnya jalan otomatis para wisatawan semakin ramai untuk berkunjung dan tentunya membuat nyaman saat berkunjung ke destinasi wisata Desa Makeruh.

Satu ungkapan yang Luar biasa dari Kades Muda ini, Ia akan terus menggali ide-ide dari sumber manapun untuk membuat Desa Makeruh ini menjadi Desa yang benar benar BERHIAS (Bersih,Harmoni,Agamis,dan Sejahtera),” tutup nya. (Sam)

(Visited 555 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *