Dalam 5 Hari Terakhir, Kebakaran Lahan di Riau Semakin Meluas

Petugas gabungan Manggala Agni Dumai berupaya melakukan pendinginan kebakaran lahan yang terjadi di Dumai

MEDIAPESISIR.COM, PEKANBARU – Kebakaran lahan gambut di Riau semakin meluas. Dalam lima hari terakhir di bulan Februari 2019, tercatat 497,71 hektar lahan terbakar.

Menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, wilayah yang paling parah terkena dampak kebakaran adalah Kabupaten Bengkalis.

“Kebakaran terluas terjadi di Kabupaten Bengkalis dengan total 322 hektare,” kata Kepala BPBD Riau Edwar Sanger kepada Antara, Jumat (15/2/2019).

Sebelumnya, BPBD Riau mencatat di awal pekan total luas kebakaran di Bengkalis adalah 267 hektar. Salah satu wilayah yang terparah adalah kebakaran di Pulau Rupat, Bengkalis, yaitu mencapai 200 hektar lahan.

Hingga berita ini diturunkan, petugas dan warga masih berupaya memadamkan api di pulau tersebut.

“Untuk di Bengkalis dan Dumai upaya pemadaman masih terus berlangsung hingga hari ini,” kata Edwar, dikutip dari Antara.

Berdasarkan data sementara BPBD Riau, kebakaran lahan terjadi di sejumlah wilayah, yaitu Bengkalis, Dumai, Meranti dan Rokan Hilir.

Menurut Edwar, kebakaran tersebut dipicu oleh cuaca kering yang melanda daerah pesisir Riau.

Akibat kebakaran tersebut, kabut asap mulai melanda sejumlah wilayah di Riau, khususnya di Kota Dumai yang dilaporkan paling parah.

Sumber : Kompas.com

(Visited 2 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *