Cuaca Panas, Lahan dan Hutan Terbakar di Rupat

MEDIAPESISIR.COM, BENGKALIS – Kebakaran terus meluas di beberapa titik di Desa Rupat, dengan kondisi yang sangat ektrim panas teriknya matahari.Hal ini sangat mengewatirkan masyarakat setempat dan sekitarnya, sehingga dari kumpalan asap dan debu berterbangan yang bisa membahayakan kesehatan warga rupat, Kecamatan rupat, Kabupaten Bengkalis, rabu,13/02/19.

Dimana Jarak tempat kejadian kebakaran itu lebih kurang 52 km, dari kantor Koramil 05 Rupat, yang mana telah dibantu personil dari TNI 7 orang, Damkar Kecamatan 12 orang, Damkar PT.Sumatra Riang Lestari (SRL) 10 orang, Masyarakat Peduli Api (MPA) 26 orang, M.Agni 12 orang.

Alat-alat digunakan untuk pemadaman api itu seperti 4 unit Mesin Robin, 4 unit Max3, 2 Excavator, 12 unit RAN R2, 4 unit RAN R4Danramil 05 rupat, Kapten Inf Syafrilis menyampaikan, bahwa kebakaran ini lebih parah dari kejadian kebakaran yang di 2 titik semalam, pada tanggal 13/02/19, sehingga kami seluruh personil dan masyarakat berjaga-jaga. Makan, minum dan tidur malamnya pun kami di hutan, kata,”Danramil 05 Rupat ini ke MediaPesisir.com.”sambungnya lagi, kebakaran di Rupat tersebut dari 15 Ha bertambah menjadi 20 titik api seluas 35 Ha di Desa Rupat ini, di jalan Mesra, jalan Abdul Haris, jalan Tik Manaf, jalan Perjuangan, jalan Tik Mat, jalan Ja’far.

“Menjadi suatu hambatan/halangan berupa angin kencang, cuaca panas, tanah gambutnya tebal, jalan pintas yang sulit di lalui dan air yang semakin jauh dari titik api.

Dari Implementasi Tim pemadam, sangat antusias hingga saat ini masih melanjutkan pemadaman, dengan menggunakan alat berat yaitu, 2 unit Excavator untuk membuat sekat/parit menahan lajunya api akan masuknya ke daerah perkebunan dan ke perkampungan, ujarnya.

Makin memperlebarnya lahan yang terbakar, apalagi petugas yang ada dilapangan juga kesulitan untuk mendapat sumber air, karena lokasi yang terbakar cukup jauh, ungkap Danramil 05 Rupat, Kapten Inf Syafrilis di tempat kejadian.

“Memprediksi, impac dari cuaca makin panas terik akan terus berlanjut, dan ia mengimbau agar warga tidak melakukan pembakaran lahan secara sembarangan, dan lain-lainnya yang bisa rentan terjadinya akan kebakaran,”tutupnya.(ER)

(Visited 4 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *