Bupati Sukiman Puji Basron Kades Babussalam 

ROKAN HULU, (MPC) – Kepala Desa (Kades) Babussalam Basron mendapat pujian dari Bupati Rokan Hulu (Rohul), Pujian dilontarkan Bupati H.Sukiman saat meresmikan Agro wisata Kebun Kurma dan dilengkapi kolam renang (Waterpark) di dampingi ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati, Senin (14/9/2020) pada Sore hingga malam.

Peresmian ditandai dengan penanaman Pohon Kurma dan penandatanganan prasasti sekaligus pengguntingan pita menuju Taman obat Keluarga (TOGA)yang dihiasi aneka ragam tanaman langka untuk apotik hidup dan Kawasan Agro Wisata kebun kurma yang dibangun melalui Dana Desa (DD) tahun anggaran 2018

Dalam sambutanya Kades Basron mengucapkan terima kasih Kepada Pemkab Rohul yang telah membangunkan pasar lelang karet, sebenarnya masih banyak program yang akan dilanjutkan,
terutama pembangunan Desa Babussalam agar kedepannya lebih baik lagi.

Basron mejelaskan “Pohon Kurma sudah ditanam sejak 2 tahun lalu dan sebagian sudah berbunga, yang dikelola melalui BUMDesa Babussalam Sejahtera, dan saat ini dikerjakan oleh 9 orang, selain itu juga membuka lapangan kerja baru seperti kaum ibu membuat kue, yang dikelola oleh kantin PKK Desa Babussalam” Ujarnya.

Basron kepada awak media menerangkan “Kebun kurma dibangun di lahan hibah dari masyarakat seluas 1 hektar, di anggarkan melalui penyertaan modal Desa Babussalam dari DD 2018 tahap awal dianggarkan sekitar Rp 200 juta termasuk pengelolaan lahan, yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Babussalam Sejahtera,” kata Basron.

Selain kebun kurma, juga dibangun sarana prasarana untuk bermain anak water park mini, juga dari penyertaan modal desa besumber dari DD yang juga dikelola BUMDes, dengan anggaran Rp1 miliar lebih termasuk dibangun Taman obat keluarga (Toga),dan juga pembelian dua ekor kuda sumba.

“Nantinya, diresmikan kawasan Agro Wisata kebun kurma, water park, Toga juga dilakukan peletakan baru pertama program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) untuk desa Rp1 miliar, bantuan dari Kementrian PUPR RI tahun anggaran 2020,” Kata Kades Basron yang sebelumnya bertugas di Disparbud Rohul.

Selain Bupati Rohul bersama (Istri) Hj Peni Herawati Tampak hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Rohul Novliwanda Ade Putra, Sekda Abdul Haris, anggota DPRD Abdul Halim dan Hj Sumartini, dan Asisten II M.Ruslan, ketua DW Rohul Hj.Netti Herawati, Dirut Prusda Rokan Huju Jaya Marjeni, serta sejumlah Kepala OPD, Kabid dari sejumlah OPD, Camat Rambah, Kades/ Lurah se Rambah, datuk adat, pengurus BUMDes Babussalam.Sejahtera, perangkat desa, serta ratusan masyarakat Babussalam.

Dalam kesempatan itu, Bupati Sukiman juga menyerahkan dana Rp1 miliar dari program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Kementrian PUPR untuk Desa Babussalam, kepada Kades Babussalam Basron. Juga penyerahan bantuan pasar lelang karet, juga penyerahan bangunan Tempat Pengolahan Sampah Reuce Reduse, dan Recycle (TPS3R) atau mengurangi / menggunakan/ daur ulang Bantuan Balai Pemukiman Prasana Wilayah Riau Dirjen CK Pada Kementrian PUPR, diserahkan Bupati ke Kades Babussalam. Dan ada lima desa di Kecamatan Rambah, mendapatkan bantuan TPS3R.

Dalam arahannya Bupati mengatakan, bangga sekali dengan pembangunan di Desa Babussalam, dan desa desa lain agar terus berinovasi dalam pembangunan desa menata kota.

“Bila desa maju maka kecamatan akan maju, dan apabila kecamatan maju maka majulah kabupaten. Ia berharap kades lain berlomba memajukan desanya . Jangan hanya menunggu arahan dari atas tapi mari kita berkarya untuk desa kita agar cepat maju dan disenangi oleh masyarakat. saya melihat kades Babussalam ini tekun membangun desanya,” kata Sukiman.

Pemkab Rohul melalui Bupati Sukiman salurkan bantuan pembangunan Masjid Al Mubarak, juga bantuan untuk 4 group rebana di Desa Babussalam, masing masing mendapatkan Rp1 juta.

Sukiman berharap agar kebun Kurma yang sudah berbuah bisa menambah penghasilan dan pendapatan tambahan desa, termasuk water park mini yang begitu bagus , puji Sukiman. (Kaliun siregar)

Editor : Feri Windria

(Visited 24 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *