Bupati Sukiman Komitmen Tekan Stunting Agar Generasi Sehat dan Cerdas Membangun Bangsa

ROKAN HULU, (MPC) – Bupati Rokan hulu (Rohul),  H Sukiman bersama jajarannya,  berkomitmen untuk menekan dampak  stunting, sebab bangsa ini akan sukses jika dipimpin generasi yang sehat, cerdas dan kreatif.

Hal ini disampaikan Bupati H Sukiman ketika membuka  kegiatan Rembuk Stunting Kabupaten Rohul, di Pendopo Bupati, Desa Pematang Berangan, Kecamatan Rambah, Rabu (15/9/2021).

Kegiatan itu turut dihadiri, Tenaga Ahli
Kebijakan Publik Bina Bangda Kemendagri, Diskes Riau, Ketua TP  PKK Kabupaten Rohul Hj Peni Herawati, Kapolres AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito, SIK, Kadiskominfo Rohul Drs Yusmar MSi, para Kepala OPD  dan lainnya.

Pada kesempatan itu, Bupati H Sukiman menyampaikan, seyogyanya seorang anak itu lahir harus tumbuh cerdas, kreatif, sehingga kelak bisa sukses memimpin bangsa ini,  jangan pula yang terjadi sebaliknya.

“Generasi penerus bangsa harus sehat, cerdas, kreatif dan produktif, jika anak-anak terlahir sehat tumbuh dengan baik dan didukung  pendidikan yang berkualitas, maka mereka akan menjadi generasi yang menunjang kesuksesan pembangunan bangsa,” kata Bupati.

Sebaliknya, sebutnya, jika anak-anak terlahir dan tumbuh dalam situasi kekurangan gizi kronis, mereka akan menjadi Anak Kerdil atau dengan istilah Anak Stunting.

“Stunting masih menjadi masalah kesehatan, hal ini disebabkan kekurangan gizi kronis dengan anak,” terangnya

Lanjutnya, untuk Rohul, sejak keluarnya  Perpres  Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting.

“Peraturan ini merupakan wujud komitmen pemerintah dalam mempercepat pencapaian target penurunan stunting menjadi 14 persen pada 2024,” sebutnya.

Untuk percepatan penurunan stinting, sambungnya,  merupakan komitmen Pemkab Rohul, melalui kebijkan strategis baik itu bersifat regulatif melalui Peraturan  Bupati, kordinasi tekhnis serta program-programnya.

“Baik malalui dinas terkait, Dinkes, Dinas Pendidikan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat   dan Pemerintah Desa, kemudian Pemerintahan tingkat desa dan lainnya,” terangnya lagi.

Di tempat yang sama, Kepala Bapeda Rohul Muhammad Zaki   S Stp, M Si  yang juga pelaksanaan kegiatan untuk rembuk stunting Kabupaten Rohul, merupakan program  Kemenkes RI,  Tim Percepatan Pencegahan Anak Kerdil (TP2AK) dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat  (Germas).

“Komitmen dalam melakukan percepatan pencegahan dan penurunan Stunting, maka Pemkab Rohul  melaksanakan  8 aksi strategis, sesuai dengan petunjuk teknis pedoman pelaksanaan intervensi dan terintegrasi,” sebutnya

Kemudian wujud dari rembuk itu, terlihat Bupati  H  Sukiman menandatangani komitmen pencegahan dan penanggulangan stunting.

Kemudian, melakukan penandatanganan, Ibu Ketua TP PKK Kabupaten Rohul  Hj Peni Herawati yang juga Ketua Bunda PAUD Rohul, Kepala OPD  terkait dan perwakilan lainnya, selanjutnya diakhiri dengan poto bersama.

(PR/Kaliun Siregar)

 

Editor : Feri Windria

(Visited 6 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *