Bumdesa Senggoro, Mengalami Kerugian dan Kegagalan

MEDIAPESISIR.COM, BENGKALIS – Bertepatan dikantor Badan Usaha Milik Desa (BUMdesa) Dara Sembilan Desa Senggoro, telah melaksanakan rapat Audit Internal yang memaparkan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ), Selasa 30/01/19 Pukul 14.15 Wib.

Turut hadir dirapat tersebut yakni,Kepala Desa Senggoro, Basrah Hamid, Direktur Bumdesa, Eka Novel,A.Md, Pendamping Desa Senggoro, Muji Burahman.SH dan Wati Rahmad.S.Pd.I, para pengawas Bumdesa dan kepala unit usaha.

Pada awal pembahasan rapat ini, telah di bahas audit internal LPJ, menyangkut usaha yang ada pada unit usaha Bumdesa tersebut, yang mana membahas administrasi, faktur pembelian barang inventaris, yang telah hilang dan keabsahan dokumen yang tidak dapat di pertanggung jawab

kan, seperti tong pompa racun, gerobak sorong, mesin air dan lain-lainnya.

Disisi lain, ada beberapa kesalahan yang fatal menyangkut sistem gaji (upah) kepala unit, yang sudah menyalahi aturan Anggaran Dasar Rumah Tangga (Ad-Rt) dan masih banyak lagi kesalahan lainnya.

“Pengawas Bumdesa, penasehat serta pendamping desa, sangat menyesalkan sekali akibat kerugian dan kinerja yang tidak berkualitas, sehingga Implementasinya tidak sesuai dengan hasil panen pada masing-masing unit usaha dari tahun 2016 sampai dengan tahun 2018 yang lalu.

“Akibat, kelalaian dan kegagalan usaha dari Direktur Bumdesa, Eka Novel.A.Md, yang telah menelan dana yang sangat besar pada unit usaha tersebut, yakni usaha tahun 2016 unit cabe, unit jagung dan unit nanas.

Jajaran pengurus Bumdesa Dara Sembilan ini, meminta kepada Novel agar kerugian diganti kembali dengan secepatnya, sesuai dengan anggaran yang telah digunakan selama ini, mengingat surat keputusan (SK) Novel sebagai Direktur telah jatuh tempo pada tanggal 1 januari 2019.(ER)

(Visited 5 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *