BUMDES Sungai Cingam Bergotong Royong Memasang Turap Antisipasi Banjir ROB dan Abrasi

BENGKALIS, (MPC) – Desa Sungai Cingam Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis yang di berkahi dengan keindahan pantainya yang sudah viral di Media Sosial dan sudah menjadi salah satu destinasi liburan yang paling banyak di kunjungi saat masa berlibur tiba.

Dataran pantai Sungai Cingam yang lebih di kenal dengan nama Pantai Ketapang ini sekarang menghadapi masalah yang cukup besar, Yaitu sering terjadinya banjir Rob atau banjir air pasang yang berakibat fatal atas keindahan pantai ketapang. Karena bisa mengakibatkan abrasi.

Destinasi pantai ketapang yang di bangun oleh Bumdes yang di cadangkan sebagai Penghasil Asli Daerah (PAD) Desa terancam rusak parah, Dikarenakan banjir Rob dan abrasi.

Beberapa tempat peristirahatan di tepian pantai porak poranda di terjang oleh banjir Rob yang terjadi beberapa bulan sekali di tambah dengan tidak adanya pembatas turap yang bisa memecahkan gelombang yang menghempas langsung ke tepian pantai.

Dengan kejadian ini, BUMDES Sungai Cingam yang di pimpin oleh Ketua BUMdes Setia Irawan dan Kepala Desa Jamil.S.Pdi mengambil langkah untuk membangun turap secara swadaya bersama masyarakat Desa Sungai Cingam.

Dalam pengerjaan gotong royong di hadiri langsung oleh Kepala Desa Sungai Cingam Jamil S.Pdi dan ketua BPD Kusnan S.Ag. Dalam kegiatan itu juga hadir Ketua UED Desa Sungai Cingam Wakri, Dan dibantu oleh seluruh aparat Desa mulai dari Kepala Dusun, LKMD, LINMAS, RW serta RT. Sabtu (19/09/2020).

Dalam pelaksanaan pembuatan turab melalui dana swadaya oleh Bumdes, Dan Aparatur Desa setempat ini bertujuan untuk mengurangi abrasi yang terjadi di bibir pantai Ketapang,

Foto : kaos merah Setia Irawan ketua bumdes, kaos biru kades sungai cingam

Pembuatan turap tersebut dengan cara mengisi pasir ke dalam karung, Dan di susun dibibir pantai.

Dalam wawancara awak media Mediapesisir.com. dengan ketua BUMdes, Setia Irawan mengatakan, Pembuatan turap ini mendapatkan bantuan karung sekitar 1000 lembar dari PT. Marindo Pratama, PT. Marindo yang berdiri di Desa Sungai Cingam,”ucapnya.

Di lain pihak di tempat terpisah, Setia Irawan mengatakan, Hanya ini yang bisa kami lakukan, Sisanya kami serahkan kepada perangkat Desa setempat yang mempunyai kemampuan untuk membantu mengatatasi abrasi yang berada di pantai ketapang, baik Instansi Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Provinsi dan juga Kementrian Pusat,” terangnya.

Lanjut, Setia Irawan mengajak seluruh masyarakat Desa Sungai Cingam, Mari saling bergandeng bahu dalam penanganan abrasi,”katanya.

Semoga, Penanganan abrasi ini bisa segera di atasi demi menjaga kelestarian dan keindahan Pantai Ketapang di Desa Sungai Cingam,”tutup Setia Irawan. (Sam)

Editor : Feri Windria

(Visited 128 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *