Bangkitkan Budaya Melayu Ayo Bertanjak: H Suyatno, H Rasyid Abizar Gunakan Tanjak

ROKAN HILIR, (MPC) – Bupati Rokan Hilir (Rohil) H.Suyatno menggunakan tanjak melempar gasing permainan tradisional di depan kantor LAMR Rohil. Orang nomor satu di Rohil ini membuka secara resmi Rohil bertanjak mencari akar di luasnya dunia yang digelar di Gedung LAMR Rohil Jalan Kecamatan komplek perkantoran batu enam Bagansiapiapi, Rabu (16/09/2020).

“Besarnya rasa cinta pada budaya melayu Riau ditunjukan dengan inisiasinya pada gerakan bertanjak,”ujar H.Suyatno.

Dia mengatakan bahwa tanjak adalah simbol budaya melayu Riau yang kini telah mewabah di tengah masyarakat Indonesia bahkan dunia.

Dalam kesempatan ini, orang nomor satu di Rohil ini sangat apresiasi kepada panitia, baik dari DKD Rohil maupun LAM Riau-Rohil yang telah membina Rohil bertanjak ini.

Kata Ia, saat ini menggunakan tanjak mulai digandrungi banyak kalangan terutama para generasi muda baik di Indonesia maupun di Asia. Oleh sebab itu, lanjut Ia, kasanah seperti perlu di bangkitkan kembali.

“Dimana bumi dipijak, disana langit dijunjung. Rohil ini milik bersama, maka kita secara seksama dapat meningkatkan roda pembangunan disegala bidang,”tutur Bupati Suyatno.

Sementara itu ketua LAM Riau Rohil, H.Rashyd Abisar menjelaskan, bahwa bersempena dengan Rohil bertanjak ini merupakan tujuan untuk kembali membuka khasanah melayu khususnya di Asia terkhusus di Riau.

“Malaysia serumpun Melayu juga bergaung tanjak ini,”jelasnya.

Kata Ia, tanjak ini merupakan pakaian diatas kepala, yang melekat di kepala, yang merupakan melindungi dari panas. Tanjak ini merupakan ciri khas Melayu yang merupakan pakaian tersendiri yang ada tempatnya yang penggunaannya berdasarkan adat, kemudian adat istiadat, dan adat dimana porsinya masing-masing itu ada.

“Salah satu contoh tanjak bersusun adalah, tanjak dipakai tingkat lima untuk para petinggi atau raja dikala itu. salah satunya raja kunto, yang salah satu panglimanya bernama panglima Nayan kerajaan Pekaitan,”pungkasnya. (aharis)

Editor : Feri Windria

(Visited 16 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *