Apakah Kasus Zul AS Sang Walikota Itu, Berakhir di Pengadilan ? Mampukah KPK ?

PEKANBARU, (MPC) – Walikota Dumai, Zulkifli Adnan Singkah (AS) kerab dipertanyakan status tersangka yang disandangnya sejak bulan April 2019 lalu usai diperiksa oleh penyidik KPK, sebagaimana dilansir oleh media Nasional, detik.com (4 Oktober 2019).

Pertanyaan pun mengalir dari berbagai pihak, khususnya lembaga penggiat anti korupsi Riau, kepada awak media, kerap melayangkan pertanyaan terkait kabar penaganan Kasus yang diketahui merupakan kasus Suap dana DAK yang melibatkan pegawai Kementerian Keuangan RI, Yaya Purnomo.

Dikabarkan hari ini, bahwa kasus tersebut memasuki babak baru pasca pemeriksaan pada tahun 2019 lalu, diketahui KPK hari sedang mengusut kembali kasus perkara dugaan suap pengurusan Dana Alokasi Khusus (DAK) APBNP tahun 2017 dan APBN tahun 2018 yang menimpa Walikota Dumai itu.

Sebagaimna dilansir media syber 88 Kamis (05/11/2020) disebutkan pihak Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI melakukan pemanggilan dan pemeriksaan terhadap sejumlah Direktur perusahaan swasta yang berkantor di Dumai.

Ke 5 orang saksi Direktur perusahaan swasta yang terpanggil dan terperiksa Penyidik KPK RI akibat kasus Zul AS, di Kantor Polresta, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Nomor 11, Sago, Kecamatan Senapelan, Kota Pekanbaru, Riau itu menurut Juru Bicara KPK RI, Ali Fikri.

Seperti Robinson Pane, Wiraswasta (Direktur CV Lamhot Karya Mandiri), Rifenery, Wiraswasta (Direktur CV Teknik Guna Dharma), Rio Azwar, Wiraswasta (Direktur CV Teknik Guna Dharma), Junaidi, Wiraswasta (Direktur CV Nuzullul) dan Agus Wahyono, juga Wiraswasta (Direktur CV Al Hidayah).

“Ya, Ke 5 orang saksi ini akan di periksa Penyidik kami (KPK RI) di Mapoltabes Pekanbaru, Riau,” Ujar Ali Fikri lewat nomor WhatsApp nya Kamis (05/11/2020) seraya merinci nama para saksi yang di panggil Penyidik KPK RI.

Dengan demikian dalam kuran waktu 4 hari ini, pihak Penyidik KPK RI telah memanggil dan memeriksa sekitar 23 orang saksi terkait perkara Tersangka Zul AS.

(Rls/Feri)

(Visited 40 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *