4 Kades Terpilih Di Kecamatan Barsel Gelar Sertijab

MEDIAPESISIR.COM, (PADANG LAWAS) – Empat (4) Kepala desa (kades) terpilih masa bakti 2022-2028 Kecamatan Barumun Selatan (Barsel) Kabupaten Padang Lawas menjalani serah terima jabatan (sertijab), bertempat di Aula Kantor Camat Barsel Jalan Sibuhuan-Hapung KM 7 Batang Bulu, Rabu (3/8/22).

Sertijab ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari diserahkannya Surat Keputusan (SK) Bupati Padang Lawas Tentang Pengesahan dan Pengangkatan Kades Terpilih bagi 104 kades terpilih se-Kabupaten Padang Lawas oleh PLT Bupati drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM M.Si (AZP) pada tanggal 28 Juli 2022 lalu di Halaman Komplek SKPD Terpadu Sigalagala Sibuhuan.

Ke- 4 desa tersebut diantaranya Desa Sidomulio, Desa Gunung Intan, Desa Gunung Barani dan Desa Tanjung Baringin Simarulak. Kegiatan yang dipimpin oleh Camat Barsel Taslim Lubis MM didampingi Forkopincam ini ditandai dengan penandatanganan berita acara sertijab dan penyerahan memori jabatan dari Pj Kades kepada Kades terpiih.

Prosesi sertijab kades di 4 desa tersebut diikuti PLT Camat Barsel Taslim Lubis MM, Kapolsek Barumun AKP Miptahuddin Harahap SE, Babinsa Koramil 08/Barumun Koptu Ahmad Sofyan Nasution, para Kasi dan Staf Kantor Camat Barsel, Kades terpilih, Pj Kepala Desa, para Kepala Desa se-Barsel, Ketua Panitia Pemilihan (Panlih) desa serta Ketua BPD (Badan Permusyawaratan Desa) se-Kecamatan Barsel, Ketua TP-PKK 4 Desa terpilih, Tokoh Masyarakat Barsel, Tokoh Agama Barsel dan Pendamping Desa.

Sertijab ini dilakukan oleh Pj Kades Sidomulio Kabul (ASN di SDN Sidomulio) kepada Kades terpilih Irwan, selanjutnya, Pj Kades Gunung Intan Adi Siregar SSTP (ASN di Dinas PMD) kepada Kades terpilih M.Imran Harahap, Pj Kades Gunung Barani Zulham Parapat (ASN di Kantor Camat Barsel) kepada Kades terpilih Arjun Nasution, dan Pj Kades Tanjung Baringin Simarulak Zulfahri Hasibuan (ASN di Dinas kominfo) kepada Kades terpilih Mhd Yusuf Lubis.

PLT Camat Barsel Taslim Lubis MM didampingi Kapolsek Barumun AKP Miptahuddin Harahap SE, menyampaikan ucapan terima kasih karena pelaksanaan Pilkades serentak di wilayah Kecamatan Barsel dapat berjalan dengan lancar, aman dan sukses. “Walaupun ada dinamika itu merupakan sesuatu yang wajar dan bisa diatasi dengan baik,” katanya.

Taslim menerangkan untuk memilih Kades ini, tahapan-tahapan Pilkades yang harus dilalui sungguh berat. Tetapi berkat perjuangan ketua panitia pemilihan desa bersama segenap pihak, tahapan tersebut bisa dilalui dengan baik.

“Kami tetap memberikan pendampingan melalui sosialisasi dan koordinasi semaksimal mungkin. Alhamdulillah, segala permasalahan yang ada bisa diselesaikan dengan baik,” terangnya.

Menurutnya, Penjabat (Pj) Kepala Desa itu tugasnya ada dua. Yakni, melanjutkan roda pemerintahan yang dilakukan oleh kades yang sudah berakhir masa baktinya serta melaksanakan Pilkades serentak.

“Pilkades serentak sudah terlaksana dengan baik dibantu oleh panitia dan BPD. Karena sebenarnya Pilkades ini gaweanya BPD dengan menunjuk panitia desa. Semua sudah selesai sesuai dengan prosedur yang ada dan semua permasalahan yang ada sudah diselesaikan dengan baik,” jelasnya.

Kepada Pj Kades, Taslim menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya. Sebab tanpa bantuan Pj maka pihaknya tidak bekerja apa-apa. Sekarang Pj Kades yang merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) akan kembali ke OPD dan kecamatannya masing-masing.

“Selamat kembali ke instansinya masing-masing dan melaksanakan tugas sebagai ASN. Terima kasih atas support dan dukungannya selama menjadi Pj Kades di wilayah Kecamatan Barsel,” ungkapnya.

Taslim meminta agar kepala desa yang sudah dilantik dan disertijabkan semakin amanah dan bijak dalam menghadapi masyarakat dengan persoalannya yang bermacam-macam. “Terima kasih kepada Forkopincam Barsel, dalam hal ini di hadiri Kapolsek AKP Miptahuddin Harahap SE yang selama ini menjadi pendamping Camat. Manakala ada dinamika bisa diredam dan dikendalikan sehingga situasi aman dan kondusif,” tegasnya.

“Bekerjalah dengan baik untuk mengabdi kepada masyarakat. Sejarah mencatat bagaimana kades ini dipilih banyak yang dikorbankan. Kades dapat bekerja dengan baik. Belajarlah dari pengorbanan Pilkades dengan melibatkan banyak orang,” pungkasnya.

Kades terpilih Desa Gunung Intan M.Imran Harahap mengatakan, terima kasih kepada Camat Barsel, Kapolsek dan Danramil atau pun masyarakat 4 desa yang telah bersusah payah dan berperan penting dalam pelaksanaan Pilkades serentak di Kecamatan Barsel, mudah mudahan kami sebagai Kades terpilih dapat menjalankan tugas sehari hari dengan baik, diberikan ridho Allah SWT serta mendapatkan kesehatan da keberkahan, katanya.(ASWIN)

Editor : Redaksi

(Visited 31 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *